Lombok: RM Taliwang Irama


Dengan yakin, saya dapat mengatakan kalau ayam bakar ini merupakan ayam bakar terenak yang pernah saya cicipi selama di Lombok.

Selama kunjungan saya ke Pulau Lombok untuk mengeksplorasi hidangan kulinernya, saya sudah mencicipi lebih dari 12 rumah makan ayam taliwang. Meski tidak semuanya mengecewakan, hanya sedikit yang mampu memberikan kesan mendalam untuk saya, bahkan ketika saya sudah kembali ke Jakarta. Salah satunya adalah RM Taliwang Irama.

Berawal dari kios sederhana di pinggir jalan dekat Bioskop Irama – yang menjadi cikal bakal nama dari rumah makan ini – pada 1988 di Mataram, RM Taliwang Irama kemudian berpindah tempat ke Jalan Ade Irma Suryani sekitar 13 tahun lalu. Meskipun Bioskop Irama sudah lama ditutup dan restoran ini telah berganti lokasi, nama RM Taliwang Irama tetap dipertahankan, dan kini menjadi salah satu rumah makan favorit di Pulau Lombok. Perkembangannya dapat dilihat dari bangunan restoran yang kini terlihat apik dan modern. Outlet tambahan di Lombok juga telah dibuka sebagai bentuk dari ekspansi rumah makan ini.

Saya singgah ke tempat ini saat makan siang, dan langsung menyadari kesalahan saya. Saking penuhnya, saya sampai kesulitan untuk parkir, sementara area makan di dalam sudah dipadati pengunjung – mayoritas turis domestik. Beruntung, saya tidak perlu menunggu terlalu lama sampai mendapatkan tempat.

Dengan perjuangan saya mendapatkan tempat parkir dan kursi kosong, perut saya pun sudah menjerit kelaparan ketika saya duduk. Segera melambaikan tangan kepada pelayan, saya pun langsung memesan makanan.  Pilihan saya jatuh kepada ayam bakar pedas dan plecing kangkung Untuk mengantisipasi rasa pedasnya, saya juga memesan dua gelas es kelapa madu crystal.

Setelah menunggu selama 10 menit, pesanan saya pun tiba. Ayam bakarnya memang pedas, tapi tidak sepedas yang saya bayangkan. Sepertinya sang koki telah menyesuaikan level kepedasannya untuk pengunjung yang kebanyakan bukan penduduk lokal. Meski demikian, kekurangan tersebut mampu ditutupi oleh rasanya yang luar biasa enak. Dengan yakin, saya dapat mengatakan kalau ayam bakar ini merupakan ayam bakar terenak yang pernah saya cicipi selama di Lombok. Walaupun plecing kangkungnya masih belum bisa memuaskan lidah saya sebagai pencinta rasa pedas, RM Taliwang Irama tetap berada di peringkat atas untuk urusan rasa. Salah satu restoran wajib yang harus Anda kunjungi saat berada di Lombok.

lombok-classic-rm taliwang irama2
Jl. Ade Irma Suryani No. 10
Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Telp: 0370 623 163
Buka setiap hari, pukul 09.00-22.30 WITA
Rp.60.000/US$4,40 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *