Lombok: Rumah Makan Madya


“Kuahnya, yang dibuat dengan menggunakan lemak yang ada di tulang rawan, mempunyai rasa kaldu yang kuat. Untuk dagingnya, terasa lezat dan kenyal, tidak membuat saya kesulitan mengunyahnya.”

Didirikan pada 1961, Rumah Makan Madya memegang rekor sebagai restoran pertama yang ada di Lombok. Restoran ini identik dengan hidangan yang berasal dari Lombok, termasuk Bebalung dan nasi campur. Saat ini, rumah makan ini dijalankan oleh generasi ketiga dan masih tetap mempertahankan keasliannya dengan menawarkan kuliner khas Lombok di tengah modernisasi yang terjadi di Lombok.

Rumah Makan Madya terletak di jantung kota Mataram dan didesain untuk keluarga, yang identik dengan meja-meja panjangnya. Di restoran ini, ketersediaan kursi menjadi hal yang langka karena jumlah kursi yang terbatas. Jadi, bersiaplah untuk mengantre agak lama ketika berkunjung ke sini saat jam-jam sibuk. Restoran ini tidak menyediakan penyejuk ruangan, tetapi pengaturan ventilasinya sangat baik sehingga udara segar selalu masuk ke ruangan.

Saya mencoba bebalung, hidangan tradisional Suku Sasak. Menu ini terbuat dari tulang rawan sapi, yang merupakan asal nama menu ini yang berasal dari kata Sasak yang berarti “kekuatan”. Orang Sasak percaya kalau bahan-bahan dari menu ini memberikan energi kepada pemakannya. Rasanya lumayan, mirip dengan sop buntut yang biasanya saya makan di Jakarta—kaldu sapi dengan sedikit rasa merica. Kuahnya, yang dibuat dengan menggunakan lemak yang ada di tulang rawan, mempunyai rasa kaldu yang kuat. Untuk dagingnya, terasa lezat dan kenyal, tidak membuat saya kesulitan mengunyahnya.

Jika ada satu hal yang terasa kurang, itu adalah keluarga saya. Tentunya akan sangat menyenangkan jika saya bisa berbagi ikan nila bakar buatan restoran ini dengan orang terkasih.

Jl. Sultan Hasanuddin, Cakranegara
Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat
Telp: (0370) 626116
Buka setiap hari, pukul 06.00–23.00 WITA
Rp30.000/US$2,20 per orang


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *