READING

Lombok: Rumah Makan Ramayana

Lombok: Rumah Makan Ramayana


“Lontong cap gomeh tersebut disiram kaldu santan yang gurih, dilengkapi rendang sapi, urap, potongan ayam pelala, dan opor ayam.”

Jika saya harus memilih satu tempat makan yang bisa saya kunjungi lagi nantinya, tempat itu adalah Rumah Makan Ramayana. Rumah makan ini bukan spesialis Ayam Taliwang dan sejenisnya, tetapi es kacang hijau dan lontong cap gomehnyalah yang terasa sangat nikmat. Bernaung di daerah Pecinan Lombok, Rumah Makan Ramayana penuh sesak oleh pengunjung saat saya sampai di sana. Halaman-halaman menu terpampang di salah satu dinding rumah makan ini. Anda bisa menemukan makanan dari berbagai pelosok Nusantara, termasuk sop buntut dan rawon (sup daging sapi dengan kacang hitam). Awalnya, saya sedikit kebingungan dengan varian makanan yang ada di sini. Namun, setelah kembali tenang, saya memutuskan untuk memesan lontong cap gomeh, sop buntut, dan es kacang hijau.

Seluruh hidangan tersebut disajikan dalam porsi yang besar. Lontong cap gomeh tersebut disiram kaldu santan yang gurih, dilengkapi rendang sapi, urap, potongan ayam pelala, dan opor ayam. Tiap elemen dalam hidangan ini dimasak dengan sempurna. Sementara itu, sop buntut versi rumah makan ini berhasil mengalahkan sop buntut mana pun yang pernah saya coba. Buntut yang tebal dimasak dengan sup bercita rasa asin, berlada, dan pedas. Es kacang hijaunya memberikan penyempurnaan dalam sesi makan saya kali itu. Rasanya tidak terlalu manis dan ada sedikit rasa asin yang berasal dari santan. Ukuran kacang hijaunya lebih besar dari yang biasa disajikan di Jakarta.

Menjelang selesai bersantap, saya berbincang sejenak dengan Ci Elmin, pemilik rumah makan tersebut, sebelum akhirnya percakapan kami terhenti dengan tiba-tiba karena dia harus melayani pesanan yang datang. “Saya mendirikan toko pada 1976 dekat dengan bioskop. Pada 1979, kami pindah ke lokasi ini,” kenangnya sebelum bergegas kembali ke pekerjaannya. Saya agak kecewa, tetapi tetap merasa sangat puas ketika berhasil menghabiskan es kacang hijau yang manis itu.

lombok-heritage-rm ramayana
By Jessicha Valentina

Jl. Saleh Sungkar No. 23
Ampenan, Mataram, Lombok
Nusa Tenggara Barat
Telp: (0370) 637674
Buka setiap hari, pukul 08.30 – 18.00 WITA
Rp35.000/US$2,4 per orang


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *