Lombok: Warung Nasi Cim Smak


“Secara keseluruhan, rasanya seperti peleburan cita rasa Jawa dan Lombok, dengan beberuk pedas yang bercampur dengan rasa manis dan semur daging yang aromatik.

Tak pernah terpikir sebelumnya kalau saya akan jatuh cinta dengan hidangan khas Lombok yang lezat dan pemandangannya yang memukau. Sebelum berangkat, pengetahuan saya tentang Lombok hanya seputar ayam bakar taliwang. Bahkan, saya tak pernah menyangka pemandangan alamnya begitu indah. Semua itu berubah setelah petualangan lima hari saya di pulau tersebut baru-baru ini. Dengan jumlah tempat makannya yang banyak, hidangan-hindangan lokalnya yang menggugah selera, suasana pedesaan yang menenangkan, dan pantai-pantai berpasir putih yang tak kalah cantik dari Bali, saya yakin suatu saat nanti Lombok akan dibicarakan seperti tetangganya yang sudah terkenal secara internasional.

Saya mendapat kehormatan untuk bersantap di sebuah tempat makan yang sudah berdiri sejak lama di pusat kota Mataram, namanya Warung Nasi Cim Smak. Didirikan oleh Thio Suang In pada 1958, awal mula restoran ini sebagai warung kecil di teras rumah Suang In sudah jadi memori belaka. Pada 2005, tempat ini menjadi warung pinggiran kecil di Jalan Maktal dan tak lama sesudahnya, pindah ke tempat permanen di kompleks pertokoan hingga sekarang.

Melirik jam di ponsel, waktu sudah menunjukkan pukul 10 pagi sebelum saya menginjakkan kaki di dalam tempat makan itu. Bahkan, dari luar saya bisa melihat kerumunan orang di dalamnya. Lokasinya yang terletak di antara gedung-gedung perkantoran, saya bisa membayangkan seberapa penuhnya tempat ini saat jam makan siang tiba. Saya masuk dan bergegas ke meja konter untuk memilih lauk-pauk nasi campurnya. Saya memilih semur daging, tahu goreng, bakwan jagung, dan beberuk (sayuran campur pedas).

Duduk di meja yang berdempetan langsung dengan dinding yang dipenuhi foto-foto penampakan warung ini di masa lalu, saya sudah siap menyantap makanan pesanan saya. Secara keseluruhan, rasanya seperti peleburan cita rasa Jawa dan Lombok, dengan beberuk pedas yang bercampur dengan rasa manis dan semur daging yang aromatik. Meski mendapat pengalaman makan yang menyenangkan, saya menyesal tidak memesan rawonnya, yang menurut salah satu pegawai, merupakan hidangan paling populer di warung ini.

Jl. Maktal No. 15A
Cakranegara, Mataram, Lombok
Telp: 0370 622 817
Buka setiap hari dari pukul 07.30–20.30 WITA
Rp20.000/US$1,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *