Malang: Es Tawon Kidul Dalem


“Dikenal sebagai hidangan penutup yang mengandung gula, tetapi tidak terasa terlalu manis, es tawon adalah salah satu hidangan yang menyegarkan—cocok untuk iklim panas di Malang.

Di samping namanya yang menarik—“tawon” yang merujuk pada “lebah”—es tawon sayangnya tidak berisi apa pun yang berkaitan dengan lebah atau madu. Meski saya kecewa, hidangan segar ini patut dipuji.

Es Tawon Kidul Dalem terletak di Jalan K. H. Zainul Arifin dan namanya berasal dari kawanan lebah yang berkumpul di bangunan di sebelah gerai ini. Didirikan pada 1955, gerai kecil ini bisa ditemukan di seberang Holland Bakery.

Es tawon terdiri atas cincau, cendol, tapai, kacang hijau, dan melon. Dikenal sebagai hidangan penutup yang mengandung gula, tetapi tidak terasa terlalu manis, es tawon adalah salah satu hidangan yang menyegarkan—cocok untuk iklim panas di Malang. Yang lebih menarik lagi, harganya hanya Rp6.000, murah, tetapi enak—kombinasi yang pada masa sekarang hanya menjadi impian.

Jl. K. H. Zainul Arifin
Gang Taqwa No. 1, Kidul Dalem
Malang, Jawa Timur
Buka setiap hari, pukul 07.30-15.00 WIB
Rp.6,000/US$0.50 per gelas


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *