READING

Master Taster di The Caffeine Dispensary

Master Taster di The Caffeine Dispensary


Menikmati sesi coffee cupping di Caffeine Dispensary

Baru saja membuka gerainya pada September 2015, The Caffeine Dispensary—digagas oleh Edward Sanrio, Ajie Permana, dan Andri Saputra—jelas tahu banyak tentang kopi.
Kami diundang ke sesi mencicipi kopi yang diadakan di gerai ini beberapa waktu yang lalu. Nah, sesi mencicipi kopi sendiri adalah proses menentukan kualitas secangkir kopi yang bisa dilakukan oleh siapa pun, tapi biasanya dilakukan oleh profesional yang dikenal sebagai Master Taster atau coffee cupping.
Acara ini dimulai dengan co-founder Ajie yang menjelaskan tentang informasi dasar mengenai kopi, termasuk sejarahnya dan cara memproses biji kopi. Setelah itu, baru dimulai sesi mencicipi kopi. Enam tipe kopi berbeda dihadirkan sebagai bahan latihan, yang berasal dari Indonesia, Kenya, dan Brasil. Para peserta diminta untuk menilai karakteristik tiap biji kopi, termasuk aroma, rasa setelah diminum, tingkat kemanisan, keasaman, dan lain sebagainya.
Ini menjadi sesi yang sangat berguna karena kami menemukan kalau banyak aspek dalam secangkir kopi yang sebenarnya bisa kita gali. Kami berhasil mewawancarai Ajie sebelum acara dimulai, dan dia menjelaskan kalau The Caffeine Dispensary nantinya akan menjadi tuan rumah sesi mencicipi kopi yang akan dibuka untuk umum, tanpa dipungut biaya. Pastikan Anda menelepon terlebih dahulu untuk mengecek jadwalnya.

Jl. Kelapa Kopyor, Blok O-1, No. 16
RT 017/02, Kelapa Gading Permai
Jakarta Utara
Telp: 021 452 0109


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *