Medan: Gumarang Jaya


Pada 2011 silam, CNNGo memublikasikan artikel berjudul “World’s 50 Best Foods”. Itu merupakan momen membanggakan bagi dunia kuliner Indonesia karena daging rendang Padang masuk dalam daftar tersebut. Sebagai penyuka makanan Padang, saya sangat bangga—khususnya karena hanya makanan inilah yang saya butuhkan untuk bangkit kembali tiap kali saya merasa terpuruk.

Saat berpelesir ke Medan, saya mampir di Gumarang Jaya, sebuah restoran Padang yang saya dengar menyandang gelar terbaik di kota tersebut. Didirikan pada 1986 oleh Bapak Hasan Basri, menurut kabar yang tersiar, ayam goreng andalannya membuat banyak orang terpukau.

Berhubung saya baru melahap babi panggang karo, perut saya terasa mau pecah pada saat saya sampai ke tempat makan yang terletak di Jalan Brigjen Katamso ini. Jadi, rencananya saya hanya akan mencicipi secuil makanannya. Saat pramusajinya mulai menaruh makanan di meja saya, rencana awal saya mulai berubah. Saya mengambil sepotong ayam goreng dan menyocolkannya ke dalam sambal hijau yang tampak sangat menggoda. Lalu, perut saya yang tadinya penuh, tiba-tiba terasa kosong kembali tanpa harus berkunjung ke toilet. Bahkan, rasanya seperti saya belum makan selama berbulan-bulan.

Ayam goreng yang gurih dan sambal yang pedas menciptakan kombinasi yang sempurna. Walaupun bagian luar ayamnya terasa agak kering, rempah-rempah yang digunakan berpadu dengan sempurna. Di sampingnya tersaji seporsi gulai nangka dengan kuah berwarna jingga yang menunjukkan bahwa hidangan ini disiapkan dengan cermat. Namun, menyadari apa yang akan terjadi kalau sampai perut saya kelebihan muatan, saya harus menahan diri agar tidak mencicipinya. Saya masih menyesali keputusan tersebut hingga sekarang.

gumarang jaya

Jl. Brigjen Katamso 27-C
Medan, Sumatra Utara
T: (061) 414 8824
Buka setiap hari dari pukul 10.00-21.00 WIB
Rp25.000/US$1,90 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *