Medan: He Ci Sunggal


Sepertinya semua kota besar yang ada di Indonesia sering menyebut dirinya sendiri – atau dijuluki oleh para ahli makanan – sebuah “surga kuliner”. Namun untuk kota Medan, julukan ini memang benar adanya. Ibu kota Sumatera Utara ini memiliki sangat banyak makanan yang langka dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah ta kua he ci yaitu penganan sore yang terbuat dari kombinasi gorengan udang, kepiting, dan tahu yang disajikan dengan tauge dan kangkung. Hanya ada sedikit penjual yang menjajakan penganan unik ini, dan salah satu penjual yang paling terkenal adalah He Ci Sunggal – yang didirikan oleh Nyonya Ng.

Sejak pertama kali dibuka 30 tahun yang lalu, He Ci Sunggal telah memenangkan hati para pecinta gorengan seafood, dan popularitasnya dapat dilihat dari betapa banyaknya penduduk asli Medan yang rela berkendara jauh-jauh sampai ke Sunggal – sebuah kecamatan di Deli Serdang – dari pusat kota, hanya untuk mencicipi hidangan khasnya tersebut.

Dan akhirnya saya mengunjungi kedai tersebut, saat jam makan siang. Kedai yang bertempat di sebuah gang kecil itu sedang penuh dengan pelanggan. Seorang pelayan mendatangi dan saya langsung memesan seporsi ta kua he ci tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya, karena pesanan saya datang dalam sekejap. Saya mengambil sepotong gorengan udang dan mencelupkannya dalam saus merah yang kental. Segera setelah saya memakannya, rasa manis-asam yang menyenangkan langsung menyebar di lidah saya. Untuk gigitan kedua, saya menambahkan sedikit irisan cabai ke dalamnya. Seperti yang diharapkan, rasa pedas yang menyegarkan melengkapi rasa saus yang lezat. Hal ini semakin menunjukkan bahwa mencoba makanan yang tidak biasa dapat memberi kejutan yang menyenangkan.

Jl. Bakung No. 1, Sunggal,
Medan, Sumatra Utara
Buka hari Selasa-Jumat, pukul 11.00-18.00 WIB
Rp.20.000/US$1,50 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *