READING

Medan: Kari Bihun Tabona

Medan: Kari Bihun Tabona

Pada malam sebelum keberangkatan saya ke Medan untuk berburu kuliner lezat, saya sempat membaca review novelis sekaligus penulis kuliner Indonesia, Laksmi Pamuntjak soal hidangan kari bihun buatan Kari Bihun Tabona di ibu kota Sumatra Utara tersebut. Dalam ulasannya, dia menyebutkan jika Anda hanya diperbolehkan mencoba satu menu di Medan, maka Anda harus menyantap hidangan di restoran yang satu ini. Sebagai pembaca setia yang percaya dengan penilaiannya akan masakan Nusantara, saya pun menjadwalkan kunjungan ke Kari Bihun Tabona dalam acara pelesiran saya di Medan.

Berdiri pada 1972, restoran ini awalnya menempati kios berkapasitas 50 orang. Setelah makin terkenal, tempat makan ini pun menjadi semakin besar. Saat ini, Kari Bihun Tabona menempati lahan untuk tiga toko di Jalan Mangkubumi dan bahkan berencana untuk membuka cabang di Jakarta.

Sekilas, hanya dengan melihat ramainya pengunjung di rumah makan ini, saya semakin yakin dengan reputasinya. Tiga area makan di sini penuh dengan pelanggan, tapi saya pun akhirnya menemukan kursi kosong. Salah satu staf segera mencatat pesanan saya dan kembali dengan semangkuk kari bihun ayam dengan sekejap.

Berbagai macam bumbu yang digunakan dalam sajian ini – termasuk jintan, kayu manis, dan ketumbar – membuat aromanya yang lezat langsung tercium bahkan dari jauh sekalipun. Ini semakin lengkap dengan tekstur karinya yang tidak terlalu kental. Rasa bihun yang biasanya hambar juga tidak ditemukan dalam hidangan ini. Menyatu sempurna dengan kuah, bihunnya terasa gurih dengan sedikit sentuhan pedas. Potongan daging ayam dan kentang rebus di bagian atas juga cukup berasa, namun tidak mengalahkan rasa dari karinya sendiri. Singkatnya, ini merupakan kari bihun paling enak yang pernah saya cicipi.

Sebelum beranjak, saya menemukan kalau ternyata rumah makan ini juga menawarkan menu kari bihun sapi, dan sepertinya ini merupakan menu favorit di sini. Saya pun bertekad untuk mencobanya dalam kunjungan berikutnya.

Jl. Mangkubumi No. 17,
Medan, Sumatra Utara
T: 061 452 5540
Buka setiap hari, pukul 07.00-16.00
Rp.30.000/US$2,30 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *