Medan: Kedai Kopi Apek


Meluangkan waktu di Kedai Kopi Apek merupakan pengalaman yang luar biasa. Bukan sekadar minum kopi, Anda bisa melihat orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda-beda berbaur di sini. Bahkan, bukan hal yang aneh jika seorang pelanggan disapa dan diajak berbincang oleh pelanggan lain selang lima menit dari kunjungannya.

Atmosfer hangat seperti inilah yang ditonjolkan Kedai Kopi Apek sejak didirikan pada 1992. Kedai kopi ini tak pernah berpindah tempat dan memiliki papan tanda ataupun boks neon untuk menunjukkan keberadaannya. Suasana Peranakan yang unik akan menyapa Anda di pintu masuk dengan meja-meja bundar, kursi kayu, serta cangkir dan piring tradisional yang menghiasi ruangannya.

kedai kopi apekkedai kopi apek

Didirikan oleh Thia A Kee dan Khi Lang Kiao – kedai kopi ini menggunakan nama anak mereka Apek, yang memiliki nama panjang Thia Tjo Lie – yang kemudian diturunkan ke Apek dan istrinya Lee King Lien. Setelah keduanya meninggal pada 2012, kedai ini dikelola oleh anak perempuan mereka Suyenti, yang tetap menjaga nuansa dan rasa uniknya, hingga sekarang.

Minuman andalan Kedai Kopi Apek adalah kopi Sidikalang yang disajikan dengan roti kukus atau roti bakar yang diolesi selai srikaya dan telur setengah matang yang disajikan di sisinya. Rotinya harum, sementara selai srikayanya lezat – agak kental dengan rasa manis yang pas. Kedai ini punya kebiasaan menyediakan susu kental manis secara terpisah di gelas kecil. Jadi, tiap-tiap pelanggan bisa menambahkannya ke dalam kopi mereka sesuai selera masing-masing. Beberapa pelanggan biasanya mencelupkan roti mereka ke dalam kopi dan membiarkannya menyesap – sebuah ritual yang membuat santapan ini makin nikmat.

Di satu sudut kedai ada sebuah kios yang menjual nasi briyani setiap hari Jumat, sementara kedai kopi ini juga mengizinkan pelanggan-pelanggannya untuk memesan kway teow dari warung di seberangnya bagi yang ingin menyantap makanan berat.

Jl. Hindu No. 37, Medan,
Sumatera Utara
Buka setiap Senin-Jumat, pukul 06.00-14.00 WIB; Sabtu, pukul 06.00-13.30 WIB; Minggu dan hari libur nasional, pukul 06.00-11.30 WIB
Rp18.000/US$1,38 per orang


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *