Medan: Mie Pangsit Aon


Bisa dibilang merupakan pusatnya makanan Cina di Nusantara, menemukan semangkuk mi pangsit enak di Medan bukanlah hal yang sulit. Bahkan, pilihan saya selama di sana cukup berlimpah. Namun, ketika saya melewati Jalan Jose Rizal, saya menemukan sebuah tempat makan bernama Mie Pangsit Aon. Ditambah dengan fakta bahwa rumah makan ini telah berdiri sejak 1967, maka saya pun memutuskan untuk singgah.

Saat itu jam makan siang, dan kebanyakan meja di area makannya sudah dihuni pelanggan. Tak lama, seorang perempuan berusia 30-an berjalan menghampiri saya. Memperkenalkan diri sebagai Sisi, ternyata dia adalah cucu dari pemilik kedai ini. Sungguh kebetulan.

Sebelum saya memesan, saya pun mengajukan beberapa pertanyaan kepada Sisi. Secara garis besar, Mie Pangsit Aon didirikan di Pematang Siantar oleh kakeknya, dan seiring dengan kepopulerannya yang terus meningkat, tempat makan ini akhirnya membuka satu cabang tambahan di Medan, di luar lokasi yang saat itu saya sambangi. Mereka juga membuat sendiri adonan mi berdasarkan resep rahasia yang diturunkan oleh sang kakek.

Mengetahui soal mi home-made di restoran ini, membuat saya semakin penasaran untuk mencoba. Saya semakin bersemangat ketika melihat setoples acar cabe hijau – salah satu poin krusial untuk hidangan mi khas Pematang Siantar – tersedia di atas meja.

Akhirnya pesanan saya pun tiba. Mi di sini disajikan kering di dalam mangkuk besar, dengan kuah pangsit dihidangkan terpisah. Dimasak dengan tingkat kematangan yang pas, mi tersebut disajikan dengan potongan daging cincang di atasnya, daun bawang, dan bawang goreng. Aromanya yang menggoda langsung terkuar begitu saya mengaduk mi dengan sumpit. Secara tekstur, mi ini tidak terlalu keriting seperti kebanyakan mi home-made lain – yang merupakan poin positif. Sementara itu, pangsitnya berisikan daging cincang dengan porsi yang cukup banyak. Saya memasukkan acar cabe hijau ke dalam mi, mencoba sesuap, dan merasakan kombinasi rasa pedas-gurih yang sempurna dalam mulut.

Singkat kata, pengalaman saya bersantap di Mie Pangsit Aon sangatlah memuaskan, dan saya tidak akan berpikir dua kali untuk mampir lagi ke sini kalau saya berkunjung ke Medan.

Jl. Jose Rizal No. 78,
Medan, Sumatra Utara
T: 061 734 2318
Buka setiap hari, pukul 06.30-17.00
Rp.25.000/US$1,90 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *