Medan: Rumah Makan Sipirok


Antrean panjang biasanya menandakan makanan yang disajikan sebuah restoran benar-benar nikmat—setidaknya itulah kesan yang muncul saat saya masuk ke dalam Rumah Makan Sipirok di Medan. Kipas angin berdiri ditempatkan di setiap sudut ruangan, tetapi itu pun tak cukup untuk menahan bulir-bulir keringat mengalir di wajah para pelanggan yang sedang menikmati hidangan terbaik Tapanuli Selatan. Hidangan spesial yang ditawarkan rumah makan ini antara lain sup tulang sumsum, sup iga sapi, dan daging sapi panggang dengan saus sambal asam-pedas.

Pertama kali didirikan pada 2002 oleh pasangan suami-istri Zulfikar dan Yusniar Nasution, rumah makan ini mengandalkan resep yang diwariskan oleh ibu Yusniar sehingga keaslian rasa setiap makanan dalam menunya terjaga. Yusniar masih menyiapkan bahan-bahan makanannya sendiri, sementara pegawai-pegawainya hanya ditugaskan memotong bawang merah. Karena alasan ini juga, mereka enggan membuka cabang baru.

rumah makan sipirok rumah makan sipirok
Daging dalam sup iganya sangat empuk, bahkan lepas sendiri dari tulangnya tanpa perlu dikerik dengan pisau. Karakteristik sup tulang sumsumnya pun tak jauh berbeda. Dengan sedotan, para pelanggan bisa menyeruput sumsum langsung dari dalam tulangnya. Namun, bagi saya, rasa kaldunya terlalu asin – masalah yang bisa diselesaikan dengan sedikit saus sambal hijau. Saus sambal spesial di atas daging panggangnya dibuat dari pasta cabai, dan diguyur jeruk nipis serta ditaburi bawang.

Rumah Makan Sipirok mendulang popularitas juga karena harganya yang terjangkau. Sup tulang sumsumnya dihargai Rp50.000, sementara Anda hanya perlu menggelontorkan Rp25.000 untuk menikmati sup iganya. Yang tak kalah murah adalah daging panggangnya dengan saus asam-pedas, yang bisa Anda nikmati dengan harga Rp13.000 per porsi. Sebagai penutup sesi makan, kami memesan jus mentimun segar seharga Rp10.000 untuk melegakan perut kami yang kekenyangan.

Bagi Anda yang ingin menyantap sup tulang sumsumnya, kami sarankan datang lebih awal karena makanan yang satu ini biasanya sudah habis pada jam makan siang. Parkirannya pun agak menyulitkan.

Jl. Sunggal No. 14, Medan Sunggal, Sei Sikambing B,
Medan, Sumatera Utara
Buka setiap hari, pukul 10.00-15.00 WIB
Rp60.000/US$4,60 per orang


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.