Medan: Soto Kesawan


Walaupun namanya diambil dari nama daerah di bagian barat Medan, Anda tak perlu pergi jauh dari pusat kota untuk menghampirinya karena Soto Kesawan terletak di Jalan Ahmad Yani, bukan daerah Kesawan. Salah satu penjaja soto tertua di Medan, tempat ini sudah berdiri selama lebih dari 60 tahun dan sekarang dikelola oleh cucu pendirinya Pak Yatiman.

Saya cukup beruntung bisa bertemu dan bercengkrama dengan menantunya Ani, yang dengan ramah memberi tahu saya fakta bahwa mereka masih menggunakan resep dari sang pendiri. Oleh karena itu, saya tidak terkejut melihat meja-meja makannya sudah terisi penuh, meski masih jam 10 pagi.

soto kesawansoto kesawan

Ada tiga jenis topping yang ditawarkan untuk sotonya: udang, daging sapi, dan ayam. Setelah tergoda penampilan potongan paru sapi saat memasuki tempat ini, saya memesan semangkuk soto sapinya.

Butuh waktu kurang dari lima menit untuk soto panas saya sampai di atas meja. Sup santannya memiliki rasa gurih dengan sentilan rasa manis, sedangkan daging sapi yang menemaninya empuk hingga ke dalam. Irisan paru sapinya renyah menggoda, dan saya senang bisa menemukan perkedel di dalam racikannya, yang membuat rasa sotonya makin nikmat. Setelah itu, tak perlu berpikir panjang lagi bagi saya untuk menobatkan tempat ini sebagai salah satu penjaja soto terbaik di Medan.

Jl. Ahmad Yani No. 116,
Medan, Sumatra Utara
Buka setiap hari dari pukul 07.00-16.00 WIB
Rp25.000/US$1,90 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *