READING

Medan: Tip Top Restaurant and Lunchroom

Medan: Tip Top Restaurant and Lunchroom


Jika sastrawan ternama, seperti Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald, tinggal di Medan pada 1920-an, saya yakin mereka akan menjadi pelanggan setia Tip Top Restaurant and Lunchroom. Didirikan pada 1929, pada masa penjajahan Belanda, tempat ini merupakan salah satu rumah makan tertua di Indonesia.

Awalnya restoran ini mengusung nama Jangkie—yang diambil dari nama pendirinya—dan berlokasi di Jalan Pandu. Pada 1934, mereka pindah ke Kesawan dan menetap hingga sekarang. Desain interiornya yang klasik dan pilihan makanannya diambil dari era ’20-an, yang terdiri atas hidangan-hidangan percampuran antara Timur dan Barat, seperti bistik lidah, gado-gado, dan nasi goreng. Toko rotinya juga memiliki reputasi sebagai yang terbaik, dan mereka masih memanggang roti menggunakan oven kayu dan bahan-bahan alami.

tip top restaurant tip top restaurant

Saat berkunjung ke sana, saya mencicipi bistik lidah sapi dan moka coklat (kue cokelat dengan krim moka). Sesaat setelah bistik lidah sapinya disajikan di atas meja saya, saya merasa seperti dibawa kembali ke restoran steak yang bisa saya kunjungi bersama keluarga saat masih kecil. Potongan lidah sapinya yang cukup besar dan tebal diletakan di atas hotplate dengan saus terpisah di piring aluminium. Empuk dan basah, kelezatannya diperkuat oleh saus kentalnya, yang menambahkan rasa gurih dan sedikit asam.

Dibuat menggunakan oven kayu, moka coklatnya mengeluarkan aroma asap yang nikmat dan mengagumkan. Walaupun teksturnya agak kasar, krim mokanya memudarkan aspek-aspek negatif apa pun yang mungkin dimilikinya.

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 92A-B,
Medan, Sumatra Utara
T: (061) 453 2042
Buka setiap hari dari jam 08.00-22.30 WIB
Rp100.000/US$7,60 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *