Menemukan Makanan Super


Sebelum Indonesia merdeka pada 1945, Jakarta dikenal dengan nama Batavia – pusat perdagangan dan administratif Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC). Jan Pieterszoon Coen, Gubernur Jenderal VOC kala itu, membangun Batavia untuk keperluan dagang, dengan warga setempat ditugaskan mengelola produksi dan suplai rempah-rempah, buah-buahan, dan lain-lain.

Karena VOC ingin memiliki kontrol penuh terhadap bisnisnya, banyak pekerja paksa yang dipekerjakan. Batavia menjadi tempat yang tidak menarik bagi orang-orang yang ingin memulai bisnisnya sendiri.

Namun sekarang – terlepas dari penjajahan yang berabad-abad – kita bisa bersyukur karena berkat kedatangan Belanda, bahan-bahan makanan super berikut ini bisa dinikmati di Nusantara.

1. Serai

facts about superfood
Menjadi bahan pokok kuliner Asia, serai merupakan rumput tinggi dan kokoh yang tumbuh di daerah tropis Asia – termasuk di India–dan memiliki rasa sitrus yang tajam. Cocok digunakan dalam sup, teh, dan kari.

2. Manggis

facts about superfood
Buah manggis berasal dari negara-negara Asia dan pernah dibawa keliling dunia hanya supaya Ratu Victoria bisa mencicipinya. Karena rasanya yang manis, buah ini cocok digunakan untuk hidangan-hidangan yang lebih eksotis.

3. Bubuk Kakao

facts about superfood
Seperti cokelat, bubuk kakao mengandung flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah di otak dan jantung. Bubuk ini cocok digunakan untuk membuat smoothies.

4. Blueberry

facts about superfood
Blueberry adalah rajanya antioksidan. Buah ini melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan molekul-molekul tak stabil yang berkontribusi terhadap proses penuaan dan penyakit kronis.

Bahan-bahan superfood ini tersedia hampir di semua toko dan swalayan di kota Anda.


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *