Padang Panjang: Bika Talago


Perjalanan melalui jalur darat dari Padang ke Bukittinggi terasa belum lengkap tanpa kunjungan ke Padang Panjang. Apalagi kalau Anda sedang mencari makanan enak karena hidangan-hidangan lezat juga banyak tersedia di daerah pedesaan. Hanya 10 menit dari pusat kotaPadang Panjang, berdiri sebuah warung bernama Bika Talago di Jalan Sutan Syahrir, Kuto Baru. Warung ini terkenal dengan bikanya yang lezat dan kerap menjadi tempat transit bagi mereka yang sedang dalam perjalanan dengan mobil dari Padang ke Bukittinggi.

Berdiri sejak 1995, namanya diambil dari sebuah kolam kecil di belakang bangunan warungnya (“talago” berarti “kolam” dalam bahasa setempat). Para pelanggan dapat melihat langsung proses pembuatan bika. Hanya ada sepasang meja yang tersedia di luar, sementara interiornya hanya diisi dapur. Di sini, bikanya dipanggang menggunakan metode tradisional dengan kompor kayu yang berbentuk seperti kuali.

bika talagobika talago

Pada dasarnya, bika merupakan kue yang dibuat dari adonan tepung beras dan kelapa parut. Ada dua macam bika yang ditawarkan di sini: rasa pisang dan orisinal. Jenis yang orisinal berwarna putih dan meninggalkan rasa asin di mulut, sementara yang lainnya memiliki rasa pisang yang segar dan gula aren, hidangan manis yang benar-benar memuaskan. Harganya yang sangat terjangkau—Rp3.000 per potong—terasa terlalu murah, tak sepadan dengan kualitasnya.

Jl. Sutan Syahrir, Koto Baru,
Padang Panjang
Buka setiap hari dari jam 07.00-19.00 WIB
Rp3.000/US$0,22 per potong


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *