Palembang: Kwetiau Sapi Ali


Dalam kamus saya, kepuasan berarti memanjakan perut dan lidah saya dengan makanan yang lezat – dan rasanya harus pedas juga. Kwetiau goreng sapi di Kwetiau Sapi Ali, Palembang jelas memenuhi kriteria tersebut.

Sudah beroperasi selama sekitar 21 tahun, Kwetiau Sapi Ali adalah jagonya masakan Jambi, dengan kwetiau goreng sapi sebagai hidangan khasnya. Saat saya sampai, ada beberapa orang yang sedang menunggu pesanannya dibungkus di konter, sementara pelanggan lainnya sedang melahap sepiring kwetiau goreng. Setelah duduk, saya langsung memesan makanan khasnya tersebut.

Sekilas, penampilan kwetiau goreng sapinya mirip dengan kwetiau sejenisnya. Namun, dari satu gigitan saja, Anda bisa merasakan tekstur kwetiaunya yang lebih tebal dan kenyal.

Terdiri atas kwetiau, irisan daging sapi, udang, kekian (adonan gandum), tauge, dan mustar hijau Cina, racikannya dibumbui dengan baik dan sayurannya dimasak dengan sempurna – memberikan rasa segar dan rapuh pada hidangannya.

Bagi para penggila makanan pedas, Anda tak boleh melewatkan sambalnya. Pedasnya fantastis dan membuat pengalaman makan di tempat ini lebih “menggigit”.

Sebelum beranjak pergi, saya sempat melontarkan beberapa pertanyaan kepada sang pemilik toko mengenai bisnisnya. Dia memberikan saya pencerahan soal evolusi Kwetiau Sapi Ali, yang selama beberapa tahun di awal berbentuk warung sebelum akhirnya pindah ke lokasinya sekarang pada 2008.

Jl. Bangau, Ilir Timur II,
Palembang
T: 0821 7833 5007
Buka setiap hari, pukul 16.00-22.30 WIB, kecuali hari Senin di minggu ketiga setiap bulannya
Rp38.000/US$2,90 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *