Pematang Siantar: Roti Ganda


Ada yang bilang kalau comfort food biasanya mengingatkan kita akan makanan rumah. Bagi masyarakat Pematang Siantar, sepertinya roti tawar dari Ganda mampu memenuhi kriteria tersebut.
Ganda merupakan toko roti yang berdiri pada 1979 dan memiliki produk roti tawar andalan yang menjadi oleh-oleh wajib bagi para pelancong yang berkunjung ke Pematang Siantar. Dengan berbekal informasi ini, saya pun mampir ke tempat tersebut dalam perjalanan saya ke Danau Toba.

Begitu masuk, saya disambut oleh suara riuh dari para pengunjung toko roti yang baru saja direnovasi ini. Saya segera menghampiri counter roti tawar di sudut toko, dan setelah memesan, pelayan dengan sigap mengambil satu roti tawar dari panggangan dan memotongnya menjadi dua. Dia kemudian mengoleskan krim home-made dan menaburkan meises di atasnya. Ketika dia membungkus roti tawar saya, pengunjung di sebelah saya baru saja memesan 10 roti tawar dan 20 toples krim home-made dan meises. Sang pengunjung rupanya penduduk asli Pematang Siantar yang saat ini tinggal di Bandung. Untuk mengobati kerinduannya akan kota ini, dia rupanya biasa membawa pulang produk roti Ganda setiap berkunjung ke kampung halamannya. Sebelum berpisah, dia sempat meyakinkan saya kalau roti tawar di sini merupakan yang terbaik dari produk-produk lain di pasaran.

Sesampainya di dalam mobil, saya pun mencoba roti tawar yang baru saja saya beli. Teksturnya mengingatkan saya akan roti rumahan yang biasa dibeli ibu saya, sementara rasa krimnya yang manis tak kalah memanjakan lidah. Meskipun saya bukan berasal dari Pematang Siantar, roti tawar Ganda berhasil membuat saya kembali menjelajah ingatan masa kanak-kanak.

pematang siantar-ganda

Jl. Sutomo, No. 89,
Pematang Siantar, Sumatra Utara
Buka setiap hari, pukul 09.00-21.00 WIB
Rp.17.000/US$1,30 per lembar


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *