READING

Ini Dia Aneka Macam Hidangan Idul Fitri di Indones...

Ini Dia Aneka Macam Hidangan Idul Fitri di Indonesia


Mendekati akhir bulan Ramadan, kegembiraan menyambut Idul Fitri kian terasa dari hari ke hari. Ketika anak-anak muda kegirangan akan menerima uang saku tambahan, kami lebih peduli dengan variasi hidangan yang dibuat khusus untuk perayaan ini. Berikut beberapa hidangan spesial Idul Fitri yang biasanya disajikan di berbagai penjuru Nusantara.

Bebek Gulai Kurma
Terlepas dari namanya, hidangan khas Aceh ini sama sekali tidak mengandung kurma. Meski demikian, kami tidak peduli alasan mereka menamainya demikian karena bebek gulai kurmanya terlampau nikmat. Beraneka macam rempah yang biasa digunakan, seperti ketumbar, bawang putih, kapulaga, jahe, dan pala—membuatnya kaya rasa, sempurna saat dilahap dengan ketupat.

Ayam Gagape
Dibuat sebagai peneman ketupat, ayam gagape berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Walaupun dianggap sebagai opor ayamnya Makassar, ayam gagape dibuat dengan metode masak yang berbeda. Mayoritas koki akan mulai dengan merebus potongan daging ayam di dalam air. Lalu, mereka akan menambahkan campuran lengkuas, jinten, daun salam, dan santan. Terlepas dari perbedaan yang mereka miliki, kami bisa menjamin bahwa ayam gagape lebih kaya rasa dibandingkan opor ayam.

Kella Pate Kopeteng
Karena kondisi geografisnya—sebuah pulau yang dikelilingi air—mencari makanan laut di Madura sangat mudah. Oleh karena itu, bukan hal aneh jika masakan yang dibuat dari makhluk-makhluk laut menjadi bintang utama dalam hidangan Idul Fitri di Madura. Salah satunya kella pate kopeteng, yang dibuat dari ikan makarel atau kepiting kecil yang dimasak dengan santan dan beragam rempah, termasuk di antaranya ketumbar dan terasi. Sebagian orang cenderung menggoreng ikannya dulu sebelum direbus, sementara yang lainnya melakukan sebaliknya. Metode apa pun yang mereka pilih, hidangan ini akan selalu dihiasi irisan cabai di atasnya.

Soto Banjar
Saat kebanyakan hidangan Idul Fitri cenderung dibuat dengan santan dan banyak bumbu, cara membuat soto banjar lebih simpel. Makanan khas Banjarmasin—ibu kota Kalimantan Selatan—ini terdiri atas daging ayam suwir, bihun, telur rebus, ketupat, dan perkedel. Dihidangkan dengan sup dan bawang goreng, soto banjar merupakan alternatif ringan untuk merayakan Idul Fitri.


Monica Livia is the youngest contributing writer in Good Indonesian Food. Born and bred under the watchful eyes of her grandmother, who happens to be a baker, she has been falling in love with food since she was a wee kid.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *