Semarang: Bandeng Juwana Elrina


Berpelesir ke Semarang tak lengkap jika tak membawa pulang satu atau dua boks ikan bandeng. Sebagai salah satu ikon kuliner kota ini, mencari makanan lezat ini sangatlah mudah, dengan banyaknya toko yang menawarkan varian merek untuk dipilih. Namun, yang terbaik—dan yang paling bertahan lama—adalah Bandeng Juwana Elrina.

Didirikan pertama kali pada 1981, bandeng Juwana menjadi salah satu toko penjual ikan bandeng ternama di kota ini. Toko ini memiliki dua gerai besar di Jalan Pandanaran, dan yang satunya ada di Jalan Pamularsih. Ada lumayan banyak jenis yang bisa Anda pilih, termasuk bandeng pepes, bandeng otak-orak, bandeng dalam sangkar, bandeng asap, dan bandeng vakum.

Saya sama sekali tidak tahu merek bandeng mana yang harus dipilih sebelum sampai ke kota ini. Pada percobaan pertama, saya memilih toko secara asal, dan berakhir mengenaskan. Untungnya, seorang karyawan mengarahkan saya ke Bandeng Juwana Elrina. Dia juga memberi tahu kalau toko ini adalah satu-satunya yang menjual bandeng vakum yang bisa disimpan di kulkas hingga enam bulan. tiap kotak berisi enam bandeng, bersama beberapa bungkus sambal spesialnya. Satu-satunya yang membuat sambalnya kurang asyik adalah masa berlakunya yang hanya tiga hari.

Jl. Pandanaran No. 57,
Semarang, Jawa Tengah
Telp: (024) 831 1488/831 3164
Buka tiap hari, pukul 06.00–23.00 WIB
Harga: Rp108.000/US$8,20 per bungkus


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *