READING

Semarang: Tahu Pong Jalan Gajah Mada

Semarang: Tahu Pong Jalan Gajah Mada


Kemudian saya menghabiskan sisanya dengan mencelupkannya ke dalam plecing, yang terbukti langkah yang tepat—memberikan rasa manis yang enak ke dalam tahunya.”

Saya selalu mendengar orang-orang berbicara tentang tahu pong. Merasa penasaran, saya mendatangi salah satu penjual makanan ini di Jalan Gajah Mada. Bayangkan keterkejutan saya ketika mengetahui kalau gerai ini berukuran kecil dengan beberapa baris meja. Kekecewaan itu menghilang begitu saja ketika saya mencicipi tahu pong.

Gerai ini didirikan pada 1950 oleh Pak Sutikno dan istrinya, Ibu Ngatini. Saat ini, tempat ini dioperasikan oleh anak mereka, Ibu Marsiah, dan menantu mereka, Putri, yang memberi tahu kami kalau gerai ini awalnya berlokasi di Kranggan. Mereka kemudian pindah ke lokasinya yang sekarang pada 1972.

Tahu pong adalah makanan khas peranakan yang merupakan tahu goreng tanpa isi yang disajikan dengan plecing. Seperti yang direkomendasikan Putri, saya memesan tahu pong gimbal telur, yang terdiri atas tahu pong, telur rebus goreng, dan gimbal (udang goreng tepung). Pertama-tama, saya mencobanya tanpa plecing. Walau teksturnya renyah, rasanya sedikit hambar. Kemudian saya menghabiskan sisanya dengan mencelupkannya ke dalam plecing, yang terbukti langkah yang tepat—memberikan rasa manis yang enak ke dalam tahunya. Saya melakukan eksperimen dengan menambahkan cabai hijau dan langkah itu membuat rasanya semakin enak. Walau disajikan tanpa nasi dan mi, saya tetap merasa puas. Sebelum beranjak, saya berterima kasih kepada Putri untuk layanan yang memuaskan, makanan yang enak, dan sarannya yang tepat.

Jl. Gajah Mada No. 63B
Semarang, Jawa Tengah
Telp: (024) 355 6440
Buka setiap hari, Senin–Sabtu, pukul 10.00–20.00 WIB
Rp20.000/US$1,60 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *