Solo: Es Krim Tentrem


Saat berada di Solo beberapa bulan lalu, saya menemukan toko yang menjual es krim bernama Es Krim Tentrem di Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Terletak di gedung modern dua tingkat, lantai duanya dijadikan kedai kopi, sementara di lantai dasarnyalah es krim andalannya disajikan.

Berdiri sejak 1952, Es Krim Tentrem telah terpatri di hati para pencinta es krim di Solo selama puluhan tahun. Kerumunan pelanggan berdesakan masuk ke toko saat saya sampai di sana, walau di luar sedang hujan. Tanpa bayangan mau memesan apa, salah satu pramusaji merekomendasikan Autumn Delight dan Jamaica.

Ternyata, Autumn Delight merupakan es rasa campuran vanila dan kopyor dengan saus cokelat dan buah ceri di atasnya. Rasanya manis, tetapi tidak terlalu manis sampai membuat tenggorokan saya sakit. Sementara itu, kopyornya membuat teksturnya menjadi padat. Sementara itu, Jamaica terdiri atas sesendok es krim rasa cokelat dengan sedikit krim kocok dan potongan ceri. Rasanya agak pahit, yang saya percaya menjadi tanda es krim cokelat yang enak.

Saat membayar di kasir, saya diberi tahu kalau mereka sebenarnya menjual es krim bernama Terang Bulan, yang biasanya dipesan lebih dulu untuk pesta dan pertemuan. Inilah ramuan orisinal Es Krim Tentrem yang ikonis pada masa-masa awal pembentukannya. Sayangnya, varian ini hanya bisa didapatkan di toko utamanya di Jalan Urip Sumohardjo, yang hanya menangani pesanan dalam jumlah banyak dan prapemesanan rasa Terang Bulan yang legendaris. Sebagai informasi, Anda juga bisa menemukan gerai mungil Es Krim Tentrem di Pusat Grosir Solo yang menawarkan sejumlah rasa yang hanya disajikan di atas cone es krim.

Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 132,
Solo
T: (0271) 789 0425
Buka setiap hari dari pukul 10.00–21.00 WIB
Harga: Rp20.000/US$1,50 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *