Solo: Roti Ganep


Roti Kecik Ganep sudah menjadi ikon kudapan khas Solo selama ratusan tahun. Berupa breadstick lokal yang dibuat dari tepung beras manis, produsen aslinya, Roti Ganep pertama kali berdiri pada 1881. Sekarang, perusahaan ini sudah memiliki tiga outlet besar di Solo, dan selama kunjungan saya ke kota ini, saya sempat mampir ke gerai utamanya di Jalan Sutan Syahrir di area Tambak Segaran untuk membawa pulang penganan khasnya ke Jakarta.

Sekelompok turis terlihat memenuhi gerainya saat saya tiba, namun itu tidak menyurutkan niat saya untuk masuk ke dalam. Selain roti kecik, toko ini juga menawarkan berbagai makanan kecil lain, mulai dari roti panggang, sampai kue manis – membuat saya semakin antusias untuk memilih. Beruntung, salah satu staf memandu saya yang mulai kalap dan meyakinkan kalau roti kecik merupakan kudapan yang paling dicari di sini selama puluhan tahun.

Staf tersebut selanjutnya juga berbaik hati untuk menjelaskan sedikit soal sejarah Roti Kecik Ganep, seperti bagaimana semuanya berawal dari tempat ini. Kembali ke roti keciknya, tekstur dan rasanya mungkin sama dengan yang ditawarkan oleh merek-merek lain di pasaran, tapi yang membedakan adalah rasanya tidak semanis produk lain, yang menjadikannya sempurna sebagai penganan pelengkap acara minum kopi atau minum teh Anda.

Jl. Sutan Syahrir No. 176,
Solo, Jawa Tengah
Telp: (0271) 647 559
Buka setiap hari, pukul 06.00-21.00 WIB
Harga: Rp.15.000/US$1,10 per bungkus


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *