Surabaya: Bakwan Dempo Asli


Rasanya bukan main. Bahkan tanpa bakwan, sup ini tetap terasa gurih dan lezat.”

Bakwan Dempo Asli merupakan sebuah restoran yang memiliki spesialisasi bakwan (baks0)  khas Jawa Timur, dan terletak di dalam kawasan residensial – tepatnya di sebuah garasi rumah – di Surabaya. Tempat makan ini pertama kali buka pada 1970, dan hingga saat ini tidak memiliki cabang lain. Meskipun kehadirannya tidak banyak diketahui, Bakwan Dempo Asli mampu menjaring sejumlah pelanggan setia dari penjuru Kota Pahlawan.

Sebagai seorang petualang kuliner yang sudah mencoba puluhan rumah makan di Surabaya, saya sangat antusias untuk berkunjung ke tempat ini. Dalam bayangan saya, Bakwan Dempo Asli menyajikan hidangan mie lezat, mirip dengan Bakwan Kapasari. Namun, betapa kecewanya saya ketika mendapati bahwa rumah makan ini ternyata hanya menawarkan nasi dalam daftar menu. Saya pun langsung berencana untuk meluncur ke Bakwan Kapasari jika ternyata makanan di sini gagal memuaskan perut dan lidah saya. Menu lain yang ditawarkan di sini, diantaranya pangsit dan usus goreng, dan juga bakwan yang disajikan dalam dua varian: goreng dan kuah. Sebagai foodie sejati, saya pun memesan keduanya.

Vonnie, menantu dari pemilik kedai ini datang dengan membawa pesanan saya hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. Setelah menerima semangkuk bakwan, saya menemukan kalau ada sedikit minyak dan buih yang mengapung di permukaan kuahnya. Ini menandakan kalau sup ini asli dibuat sendiri dengan melalui proses masak yang panjang. Rasanya bukan main. Bahkan tanpa bakwan, sup ini tetap terasa gurih dan lezat. Pangsit gorengnya juga berhasil melampaui ekspektasi saya, dengan tekstur garing yang mengimbangi isi daging cincangnya yang kenyal.

Pengalaman saya bersantap saat itu sangat sempurna, sehingga saya pun harus memaafkan Bakwan Dempo Asli karena tidak memiliki hidangan mie dalam daftar menu. Pada akhirnya, saya pun membatalkan rencana untuk mampir ke Bakwan Kapasari, dan langsung meluncur menuju bandara untuk kembali ke Jakarta.

bakwan dempo
Jl. Dempo, No. 17
Surabaya, Jawa Timur
Telp: 031 531 5631
Buka setiap hari, pukul 07.30-19.30 WIB
Rp.30.000/US$2,30 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *