Surabaya: Depot Makmur


“Ditambah telur bebek dan suwiran ayam yang disajikan bersama dengan sotonya, hidangan ini menjelma menjadi sajian lezat yang melebihi ekspektasi saya.

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Surabaya, pasti pernah mendengar soal Rawon Setan – sebuah rumah makan yang telah beroperasi selama puluhan tahun dan dikenal sebagai salah satu restoran rawon terbaik di Kota Pahlawan. Hanya berjarak beberapa meter dari sana, terdapatlah sebuah gerai soto bernama Depot Makmur.

Meskipun sudah berdiri sejak lebih dari 40 tahun lalu, tempat makan ini hanya dikenal di kalangan penduduk lokal. Jarang sekali ada pendatang di Surabaya yang tahu mengenai keberadaannya.

Didirikan oleh Haji Hasan, Depot Makmur menawarkan hidangan soto banjar sebagai menu andalan. Bisnis restoran ini kemudian diturunkan kepada anaknya, Pak Murasa, yang sekarang menjalankan kegiatan operasional bersama sang anak lelaki, Andra Lesmana.

Jujur saja, awalnya saya agak enggan untuk mampir ke rumah makan ini. Namun, setelah dibujuk oleh seorang teman yang tinggal di Surabaya, akhirnya saya pun berangkat untuk mencoba soto banjarnya.

Saat pertama kali melihat warna kuah soto yang pucat, saya kurang berselera untuk mencicipinya. Meski demikian, saya memaksakan diri untuk mencoba sesendok, dan mood saya pun langsung berubah 180 derajat. Rasanya yang tajam langsung membuka mata saya seketika. Ditambah telur bebek dan suwiran ayam yang disajikan bersama dengan sotonya, hidangan ini menjelma menjadi sajian lezat yang melebihi ekspektasi saya. Bintang utama dalam menu saya saat itu adalah telur bebeknya. Menurut Pak Murasa, telur bebek selalu digunakan dalam menghidangkan soto banjar untuk memperkuat cita rasa soto secara keseluruhan.

Jl. Embong Blimbing,
Surabaya, Jawa Timur
Buka setiap hari, pukul 12.00-23.00 WIB
Harga: Rp.19.000/US$1,40 per porsi


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *