Surabaya: Sambal Bu Rudy


“Saya sangat menyukai sambal ini, walaupun rasanya seperti membakar lidah saya.

Saya telah menjadi penggemar Sambal Bu Rudy sejak lama. Masalah geografi membuat saya kesulitan menikmatinya sebanyak yang saya mau. Untungnya, salah satu teman baik saya sering bepergian ke Surabaya, jadi saya selalu berpesan kepadanya untuk membelikan satu atau dua toples. Baru pada akhir tahun lalu saya akhirnya bisa mengunjungi gerainya langsung.

Pada 5 Desember 2015, saya baru saja selesai menyantap soto Surabaya yang terkenal. Merasa kurang puas, saya berpikir kalau ini saatnya untuk mengunjungi gerai Sambal Bu Rudy di Jalan Anjasmoro. Saya sampai ke tempat ini pada waktu makan siang dan tempat ini penuh pelanggan. Merasa bersemangat, saya duduk di salah satu meja yang masih kosong dan salah satu pramusaji menghampiri saya. Sebelum dia menerima pesanan saya, dia memberi tahu kalau Gibran Rakabuming, anak Presiden Jokowi, sedang bersantap di dalam sebuah ruangan privat. Karena saya datang untuk mencicipi makanannya, saya tidak menghiraukan kabar bahwa keturunan pemimpin negara ini sedang ada di tempat ini, dan saya kemudian memesan sepiring nasi dengan empal dan udang goreng.

Empalnya terasa manis dan lembut, dengan sambal pedas yang melengkapinya dengan sempurna. Sebenarnya, saya sangat menyukai sambal ini, walaupun rasanya seperti membakar lidah saya. Saat saya sedang asik mengunyah, dari sudut mata, saya melihat seorang perempuan berumur 40 tahun memandu karyawannya yang sedang mengantarkan pelanggan yang baru datang menuju meja. Setelah mencari tahu, ternyata orang itu adalah Ibu Rudy—penggagas Sambal Bu Rudy. Dia berkeliling dari satu meja ke meja lain, bertanya kepada pelanggan mengenai makanan yang disajikan. Itu yang saya bilang sebagai pelayanan yang baik—khususnya ketika pemilik gerainya yang langsung mengecek satu per satu, dengan wajah penuh senyum.

Saya mendapatkan kesempatan untuk mewawancarainya, dan dari caranya berbicara, saya bisa bilang kalau dia senang membantu pelanggannya. “Saya sudah berkecimpung di bisnis sambal selama 16 tahun, tapi saya lebih suka berada di sini daripada di rumah dan mengawasi hasil kerja keras saya dari jauh,” ujarnya. Perilaku inilah yang saya percaya harus ditiru para pebisnis restoran di Nusantara.

Nasi Bakar Ibu Rudy Ibu Rudy
Jl. Anjasmoro, No. 45
Sawahan, Surabaya, Jawa Timur
Telp: (031) 545 6565
Buka tiap hari, pukul 07.00–22.00 WIB
Rp35.000/US$2,60 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *