READING

Surabaya: Sate Ayam Ponorogo Pak Seger Asli

Surabaya: Sate Ayam Ponorogo Pak Seger Asli


Teksturnya sangat lembut, menyajikan rasa yang manis dan gurih yang menggugah selera.”

Siapa pun yang berhasil menjalankan bisnis dalam waktu lebih dari 25 tahun patut mendapatkan pujian dan penghargaan. Itulah alasan Sate Ayam Ponorogo Pak Seger—yang terletak di Jalan Dharmawangsa di Surabaya—pantas mendapatkan pujian yang selama ini sudah diterimanya. Saat ini, berada di bawah pengawasan anak-anak pak Seger, restoran ini masih menjadi salah satu yang terpopuler di Kota Pahlawan.

Setelah membaca banyak ulasan positif tentang tempat ini, saya meluangkan waktu untuk mampir dalam rangka pelesir kuliner di Surabaya. Saat sampai jam 6 sore, tempat ini hanya diisi beberapa orang. dengan terburu-buru, saya masuk ke dalam untuk menghindari asap yang keluar dari alat pemanggang. Setelah mendapatkan tempat duduk yang nyaman, seorang pramusaji menghampiri saya dan mengatakan kalau hampir semua makanan sudah habis. Karena tidak punya banyak pilihan, saya memesan sate ayam dengan nasi.

Saus kacang dengan warna cokelat terang menjadi perhatian saya ketika sate ayam saya disajikan—tidak seperti saus kacang berwarna cokelat tua yang biasa saya dapatkan di Jakarta. Di samping warna pucatnya yang tidak menarik, rasanya sungguh enak. Teksturnya sangat lembut, menyajikan rasa yang manis dan lezat yang menggugah selera. Satenya sendiri dibumbui dengan sempurna, menghasilkan rasa yang kaya. Walaupun beberapa bagian daging terlihat gosong, hal itu tidak menyurutkan nafsu makan saya.

Ketika saya sedang makan, mata saya mulai dibanjiri air mata. Bukan karena tangis bahagia, tetapi karena asap yang datang dari alat pemanggang sate yang ada di depan toko. Ini satu-satunya cela dari tempat ini yang biasa terjadi, dari semua pengalaman bersantap di sini yang nyaris sempurna.

Jl. Dharmawangsa No. 42
Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
Telp: 031 501 7879
Buka setiap hari, pukul 07.00–22.00 WIB
Rp25.000/US$1,80 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *