Surabaya: Zangrandi Ice Cream


“Menu avocadocano memiliki rasa alpukat yang tajam, tetapi alami, yang menurut saya akan membuat pencinta alpukat bersenang hati.

Pada suatu hari, seorang berkebangsaan Italia bernama Roberto Zangrandi dan keluarganya datang ke Indonesia untuk tinggal di Surabaya. Pada 1930, dia membuat gerai es krim, yang kemudian menjadi fondasi berdirinya kerajaan es krim Zangrandi. Kalau Anda familier dengan empat rasa ikonis Zangrandi—vanila, cokelat, stroberi, dan mocha, Anda harus tahu kalau semua rasa itu berasal dari ide istri Roberto.

Pada 1960, keluarga Zangrandi memutuskan kembali ke Italia. Sebelum pindah, Roberto menjual resep es krimnya ke pengusaha wine bernama Adi Tanumulia. Adi punya kemampuan bagus dalam mengenali rasa, jadi dia mengombinasikan resep klasik yang dibelinya dari Roberto. Zangrandi—mereka tetap menggunakan nama itu—menambahkan tiga rasa baru ke dalam jajaran pilihan yang sudah ada, yaitu kelapa, rasberi, dan durian.

Zangrandi menjadi semakin besar di bawah kepemimpinan Adi Tanumulia, sangat besar sampai menjadi salah satu ciri khas Kota Pahlawan. Bisnis ini mengalami perkembangan di bawah keluarga Adi, dengan beberapa cabang yang dibuka di penjuru kota, termasuk sebuah restoran yang diberi nama Zangrandi Grande.

Sebagai penggemar es krim, saya harus mampir ke toko pertama Zangrandi di Jalan Yos Sudarso, saat kunjungan ke Surabaya. Arsitekturnya menjadi hal pertama yang menarik perhatian saya, sesaat saya masuk ke dalam. Toko ini dipenuhi perabotan dari rotan yang semakin menguatkan suasana historis.

Menunya terdiri atas banyak pilihan, mulai dari banana split, macedonia, dan avocadocano, sampai love deal. Selain es krim, di sini Anda juga bisa mencicipi pizza dan camilan. Setelah berpikir selama beberapa saat, saya memesan macedonia dan avocadocano. Secara kebetulan, waktunya pas untuk menyantap es krim karena suhu Surabaya yang cukup terik dan panas. Macedonia dibuat menggunakan campuran liqueur, yang memberikan rasa alkohol yang menyegarkan. Menu avocadocano memiliki rasa alpukat yang tajam, tetapi alami, yang menurut saya akan membuat pencinta alpukat bersenandung riang. Hidangan ini membuat saya merasa lebih segar dan tidak lagi memedulikan suhu panas di luar sana.

Jika liburan singkat ke Surabaya adalah tujuan Anda, Zangrandi harus menjadi tempat pertama yang harus dikunjungi untuk menenangkan pikiran dan lidah Anda.

zangrandi
Jl. Yos Sudarso No. 15
Surabaya, Jawa Timur
Telp: 031 534 5820
Buka setiap hari, pukul 10.00–22.00 WIB
Rp50.000/US$3,60 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *