The Golden Touch

Makanan kaki lima dengan pelayanan bintang lima

Dalam beberapa bulan terakhir, kami berhasil singgah ke ratusan rumah makan, warung pinggir jalan, sampai penjaja kaki lima yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan sejumlah kota di bagian utara Sumatra. Tidak terhitung banyaknya makanan enak yang sudah kami cicipi, meskipun hanya segilintir yang mampu memberikan pelayanan ideal menurut standar kami. Melihat kondisi tersebut, maka kami pun berinisiatif untuk mengumpulkan sederetan nama tempat makan yang dapat kami rekomendasikan – tempat di mana Anda akan menemukan kualitas rasa dan pelayanan yang sebanding.
Untuk menilainya, kami merujuk kepada Travelers United, yang menyatakan bahwa restoran dengan pelayanan bintang lima harus mampu memberikan perhatian lebih kepada pelanggan sehingga mereka merasa istimewa, menyelesaikan masalah dengan cepat, memiliki staf yang ramah, memastikan bahwa pengalaman bersantap pengunjung setara dengan harga yang mereka bayarkan, dan terakhir, mampu menjaring pelanggan setia. Kriteria ini – ditambah dengan poin tidak adanya rambut di dalam pesanan kami – kemudian kami gunakan untuk mengerucutkan pilihan kami hingga menjadi lima vendor makanan pinggir jalan terbaik di bawah ini.

Soto Kuning Pak Salam
jabodetabek-heritage-soto pak salam
Berlokasi di pinggir Jalan Suryakencana, sudah hampir dapat dipastikan kalau Soto Kuning Pak Salam akan dipenuhi pengunjung begitu kiosnya buka. Meskipun lokasinya kurang menarik, jarang Anda temukan para staf tanpa senyuman di wajah mereka. Kursi-kursi di sini cukup terbatas, tapi staf yang cekatan dan ramah – termasuk putra sang pemilik restoran, Kang Iwan – akan dengan sigap mencarikan Anda tempat duduk, begitu Anda selesai memesan makanan. Di akhir kunjungan, bayar makanan Anda, dan Kang Iwan akan mengucapkan “Selamat” sebelum Anda pergi. Ketika ditanya mengapa dia mengatakan itu kepada setiap pengunjung, dia menjawab, “Itu merupakan doa agar mereka bisa selamat sampai tujuan, sehingga mereka bisa kembali lagi ke sini nanti.” Sebuah gestur unik, apalagi ditambah dengan makanannya yang enak.

Sambal Bu Rudy

surabaya-everyday-ibu rudy
Sebuah rumah makan yang populer, Sambal Bu Rudy tidak pernah terlihat sepi di hari apapun. Makanan di sini memiliki kualitas papan atas, dengan pelayanan yang cukup memuaskan. Terkadang, bahkan Bu Rudy sendiri akan turun tangan untuk membantu pengunjung mendapatkan tempat duduk atau sekadar memandu proses pemesanan bagi mereka yang baru pertama kali datang ke sini.

Mie Ayah

mie ayah

Berfokus kepada hidangan mie aceh, Mie Ayah memiliki staf yang sangat peduli dengan kepuasan pelanggan. Selama kunjungan kami, mereka memerhatikan bahwa martabak pesanan kami masih tersisa. Tak lama setelahnya, Nur Rahmi – anak dari pemilik restoran – langsung menghampiri meja kami dan bertanya apakah ada yang salah dengan martabak tersebut, serta apa yang bisa diperbaiki. Ditambah dengan harga yang murah – kami hanya mengeluarkan Rp60.000 untuk semangkuk besar mie kepiting – Mie Ayah merupakan rumah makan yang patut Anda coba.


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *