READING

Untuk Sisi Vegetarian dalam Diri Anda

Untuk Sisi Vegetarian dalam Diri Anda


Indonesia memang memiliki hidangan-hidangan daging yang luar biasa, seperti bebek goreng ikonis Bebek Bengil dan iga babi legendaris Naughty Nuri’s. Namun, bukan berarti para vegetarian harus merasa tersisih. Saya sudah menjadi vegetarian sejak usia sepuluh tahun, dan sejak saat itu saya menyadari bahwa ada banyak makanan Indonesia yang tersedia bagi para vegetarian. Bahkan, selain ketoprak dan bakwan jagung, makanan-makanan yang masuk dalam daftar ini juga tergolong sajian vegan.

Para vegetarian di Indonesia tak perlu susah payah mencari makanan. Sayuran merupakan bagian penting dalam menu makanan kami. Tahu dan tempe pun selalu ada untuk mencukupi asupan protein Anda. Perlu dicatat bahwa banyak masakan Indonesia yang mengandung terasi. Sayangnya, fakta ini harus diabaikan oleh para vegetarian karena hampir mustahil membedakan makanan yang mengandung terasi dan yang tidak (sedikit tip: jika sebuah masakan disebut “sayur” dalam menu, saya berani bertaruh kalau makanan tersebut aman untuk vegetarian).

1. Gudeg

Best Indonesian Vegetarian Dishes
Sebagai salah satu makanan favorit saya, mendengar namanya saja bisa membuat saya bersemangat pada waktu makan siang saat masih di bangku sekolah. Gudeg merupakan makanan manis dan lezat yang diracik dari nangka yang dimasak dalam santan dan gula aren selama beberapa jam. Disajikan dengan nasi, teksturnya sangat lembut dan rasanya sangat lezat. Ada beberapa variasi gudeg, masing-masing dengan tingkat kemanisan dan kelembaban yang berbeda. Namun, favorit saya adalah gudeg yogyakarta yang manis dan kemerahan. Gudeg adalah makanan vegan, tetapi seringkali disajikan dengan ayam dan telur yang bisa Anda pesan secara terpisah.

2. Sayur Lodeh

Best Indonesian Vegetarian Dishes
Pada dasarnya, sayur lodeh adalah sayur-sayuran yang dimasak dalam kuah santan. Namun, ada sesuatu yang lebih dari makanan ini. Dalam adat Jawa, sayur lodeh dipercaya mampu menangkal bahaya dan petaka. Jika benar demikian, kita bisa merasa aman dan nyaman saat memakannya, dan kenikmatannya akan membuat Anda lupa jumlah yang sudah Anda makan. Sayur lodeh agak sulit dideskripsikan karena resep yang digunakan cenderung berbeda, tergantung dari juru masaknya. Namun, bahan dasarnya sama, yaitu nangka, kacang melinjo, labu siam, kacang panjang, tahu, dan tempe.

3. Ketoprak

Best Indonesian Vegetarian Dishes
Salah satu makanan yang paling enak disantap di gerobak pinggir jalan – terlepas dari masalah kebersihan – ketoprak mudah dikenali dari saus kacangnya yang kental, lembut, dan santer akan rasa bawang putih. Saus kacang ini disiram di atas ketupat, bihun, tauge, dan tahu goreng. Ketoprak biasanya disajikan dengan kecap manis juga. Kalau bukan karena telur rebus di dalamnya, makanan ini sepenuhnya vegan. Meski demikian, hati-hati dengan kerupuk yang biasa melengkapi makanan ini, karena umumnya terbuat dari ikan.

4. Bakwan Jagung

Five Best Indonesian Vegetarian Dishes
Lebih cocok disebut kudapan daripada makanan utama, bakwan jagung pantas mendapat tempat dalam daftar ini karena kelezatannya. Dibuat dari jagung, tepung, telur, dan sayuran, adonan jagung goreng ini bisa ditemukan di mana-mana, tetapi setiap rumah memiliki resepnya masing-masing. Makanan ini sangat nikmat dan agak berminyak – renyah di luar dan lembut di dalam. Juga dikenal dengan sebutan perkedel jagung, camilan yang satu ini akan membuat Anda ketagihan.

5. Capcay

feature-five-best-indonesian-vegetarian-dishes-capcay
Kadang dieja “cap cai”, capcay berasal dari komunitas warga Indonesia keturunan Tionghoa – atau lebih dikenal dengan sebutan peranakan. Walaupun artinya “aneka sayuran” dalam bahasa Indonesia, beberapa orang menambahkan daging ayam dan makanan laut ke dalamnya. Namun, Anda tetap bisa memesannya tanpa daging. Metode memasaknya meliputi menumis sayuran, antara lain kubis, kembang kol, dan wortel, lalu memasaknya dalam kuah bening yang dikentalkan dengan tepung jagung. Namun, resep masakan ini bisa berbeda-beda, tergantung selera.


Being the daughter of Good Indonesian Food’s founder, a love of Indonesian food is clearly a part of Phoebe’s blood. When not procrastinating, she can be found in her natural habitat: hiding in her bedroom with her dog, reading or writing.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *