READING

Yogyakarta: Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Yogyakarta: Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung


“Daging ayamnya sangat empuk dengan sedikit rasa manis – umum ditemukan pada daging ayam kampung.

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung merupakan rumah makan yang sudah lama berdiri di Desa Wisata Kasongan – sebuah pusat kerajinan tanah liat di Bantul, bagian selatan Yogyakarta. Deretan toko-toko di sini menawarkan beragam produk tembikar dan porselen dengan kualitas internasional. Di area inilah Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung berada. Menurut supir saya, rumah makan ini sudah beroperasi sejak 1970, dan populer di kalangan para pemandu wisata yang ingin membawa klien mereka menyantap hidangan ayam goreng super enak.

Ketika saya tiba, tempat makan ini sudah dipadati oleh pengunjung. Saya bisa melihat meja kosong di dalam, tapi udara siang itu terlalu panas untuk makan di dalam ruangan, apalagi ketika hanya tersedia sedikit kipas angin sebagai penyejuk ruangan. Oleh karenanya saya memilih duduk di area beranda.

Terdapat pilihan menu ayam utuh yang cukup menggoda. Namun, sadar kalau saya tidak akan sanggup menghabiskannya sendiri, maka akhirnya saya memesan setengah porsi ayam dan segelas es teh manis.

Setelah sekitar lima sampai tujuh menit, makanan saya pun datang. Yang mengejutkan, meskipun saya memesan setengah porsi ayam, ukurannya masih tetap besar. Sepiring lalapan segar yang terdiri dari daun kenikir, daun kemangi, dan irisan timun juga turut disajikan bersama dengan semangkuk kecil sambal. Daging ayamnya sangat empuk dengan sedikit rasa manis – umum ditemukan pada daging ayam kampung. Sementara itu, sambalnya luar biasa pedas, sampai-sampai saya harus menambahkan beberapa tetes kecap untuk mengurangi kepedasannya.

Ketika meninggalkan area parkir, saya sempat melihat beberapa bus baru saja tiba. Jika saya telat beberapa menit saja, saya tadi mungkin sudah tidak mendapatkan tempat. Jika Anda menyukai tempat makan yang lebih sepi, Anda bisa mencoba gerai lain restoran ini di Jalan Lingkar Selatan Madukismo.

Desa Sembungan, Bangunjiwo,
Bantul, Yogyakarta
T: 0274 926 1977
Buka setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB
Rp.60.000/US$4,40 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *