READING

Yogyakarta: Bakmi Jawa Mbah Hadi

Yogyakarta: Bakmi Jawa Mbah Hadi


Sungguh sayang karena mereka memiliki tingkat kesabaran yang pendek karena sebenarnya rasa makanan di sini sepadan dengan waktu yang terbuang untuk menunggu. Saya memesan bakmi godog dan rasanya seperti surga di lidah saya.”

Dengan banyaknya situs warisan budaya dan berlimpahnya makanan enak, Yogyakarta pantas dideskripsikan sebagai destinasi liburan terbaik. Berbicara tentang makanan, salah satu makanan autentik yang harus Anda coba selama berada di kota ini adalah bakmi jawanya. Banyak sekali penjaja makanan ini yang tersebar di penjuru kota. Kebanyakan dari mereka menggunakan anglo (kompor arang) untuk memasaknya. Walaupun kompor kuno ini menjadi dalang dari lamanya proses memasak, alat ini menjadi kunci cita rasa bakmi jawa.

Satu tempat yang direkomendasikan di Yogyakarta adalah Bakmi Jawa Mbah Hadi, yang langsung sukses dan dikenal sejak dibuka pada 1955, yang terletak di sebuah ruko di dalam pom bensin di Jalan C Simanjuntak. Kerumuman pelanggan setianya terlihat setiap hari dan saya menjadi saksi seberapa mereka mencintai gerai ini. Tempat ini sangat penuh, sampai-sampai orang harus menunggu hampir satu jam untuk mendapatkan pesanan mereka. Beberapa di antaranya akhirnya menyerah, membatalkan pesanan, dan pergi.

Sungguh sayang karena mereka memiliki tingkat kesabaran yang pendek karena sebenarnya rasa makanan di sini sepadan dengan waktu yang terbuang untuk menunggu. Saya memesan bakmi godog dan rasanya seperti surga di lidah saya. Makanan ini berisi mi, potongan daging ayam, ati ampela, tomat, dan kol, dengan semangkuk kuah kaldu ayam sebagai pelengkap. Mereka juga menambahkan telur bebek, yang membuat rasanya menjadi lebih lezat.
Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat ini, persiapkan perut Anda dengan mengudap camilan selama menunggu bakmi jawa Anda disiapkan.

Jl C. Simanjuntak No.1, di dalam SPBU Terban,
Yogyakarta
Buka tiap hari, pukul 17.30–23.00 WIB
Harga: Rp25.000/US$1,90


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *