Yogyakarta: Lotek Bu Bagyo


“Terdiri dari bayam, kol, timun, kacang panjang, toge, bakwan, lontong, dan sambal kacang di atasnya, semua sayur-sayuran ini – kecuali kol – direbus dan berpadu dengan apik di atas piring.

Yogyakarta merupakan pusat berbagai rumah makan yang menawarkan beragam hidangan lokal autentik. Tak heran jika mencari makanan enak di kota ini semudah membalikkan telapak tangan. Mulai dari gudeg, bakmi jawa, sampai mie ayam, bisa Anda temukan tersebar di penjuru kota. Namun, salah satu makanan lokal unik yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke sini adalah lotek – hidangan tradisional Yogyakarta yang berakar dari Jawa Timur.

Bicara soal lotek, Lotek Bu Bagyo merupakan salah satu tempat makan lotek yang memiliki reputasi cemerlang di kota ini. Didirikan oleh Bu Bagyo pada 1986, rumah makan ini tercatat telah memiliki beberapa cabang di Yogyakarta. Meski demikian, tak banyak yang tahu bahwa restoran ini bermula dari sebuah warung di Jalan Colombo. Itu sebabnya, penduduk lokal kerap menyebut tempat makan ini Lotek Colombo Bu Bagyo.

Awalnya, saya mencoba berkunjung ke gerai pusatnya tersebut, namun terpaksa pulang dengan tangan hampa. Pantang menyerah, saya pun memutuskan untuk mencoba peruntungan di cabangnya di Jalan Kompol Bambang Suprapto.

Ketika saya tiba, tempat ini sudah ramai dipadati pelanggan. Saya menghampiri counter dan segera memesan makanan sebelum berjuang mendapatkan meja di area dalam. Tak lama,lotek saya pun datang. Terdiri dari bayam, kol, timun, kacang panjang, toge, bakwan, lontong, dan sambal kacang di atasnya, semua sayur-sayuran ini – kecuali kol – direbus dan berpadu dengan apik di atas piring. Rasa sambal kacangnya manis dan gurih, dengan sedikit sentuhan pedas yang pas. Anda dapat memilih level kepedasan sesuai selera saat memesan lotek Anda.

Jl. Kompol Bambang Suprapto,
Yogyakarta
T: 0274 855 5864
Buka setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB
Harga: Rp.15.000/US$1,10 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *