READING

Yogyakarta: Nasi Goreng Beringharjo

Yogyakarta: Nasi Goreng Beringharjo


Mendengar ada nasi goreng yang terkenal di Yogyakarta tentu membuat saya penasaran. Nasi goreng merupakan salah satu menu favorit saya, jadi wajar kalau saya tergelitik ingin tahu apa yang membuat nasi goreng yang satu ini begitu legendaris.

Berlokasi di Jalan Mayor Suryotomo, Nasi Goreng Beringharjo sudah berdiri sejak 1968. Sesuai namanya, Nasi Goreng Beringharjo awalnya berjualan di dekat pasar tradisional legendaris tersebut. Namun, setelah ada pembersihan pedagang kaki lima, tempat makan ini pun pindah ke lokasinya yang sekarang.

Hanya ada dua variasi nasi goreng yang ditawarkan, yaitu nasi goreng ayam dan babi. Meskipun begitu, warung ini tidak pernah sepi pembeli. Pak Yoestinus Sutrisno, atau biasa dipanggil Om Yoes Nasgor, yang merupakan generasi ketiga penjual Nasi Goreng Beringharjo, tetap mempertahankan resep warisan sang kakek sehingga rasa lezatnya tetap bertahan.

nasi goreng beringharjo nasi goreng beringharjo

Jika penjual nasi goreng biasa memasak sesuai dengan pesanan, maka di sini nasi goreng dimasak dalam wajan besar dengan menggunakan api tungku yang terus dikipas agar tidak padam. Karena langsung memasak dalam porsi besar, pengunjung tidak perlu khawatir akan menunggu lama saat banyak orang. Pak Yoes sendiri tidak sendirian karena beliau dibantu memasak oleh Pak Sukijo yang kerap bercanda dengan para pengunjung, meskipun sedang memasak nasi goreng.

Saat sepiring nasi goreng terhidang di hadapan, Anda mungkin akan bertanya-tanya. Tidak ada yang istimewa dari penampilannya, bahkan sama seperti nasi goreng kebanyakan, dengan tambahan telur dadar, suwiran daging ayam, dan irisan kol. Tapi, tunggu dulu! Layaknya pepatah, jangan nilai buku dari sampulnya, nasi goreng ini ternyata menyimpan rasa yang lezat. Dibandingkan nasi goreng kebanyakan, nasi goreng Beringharjo tidak berminyak sehingga saat memakannya tidak terasa eneg. Rasa gurihnya juga pas. Tidak terlalu asin ataupun manis. Porsinya pun tergolong memuaskan dengan harga sangat terjangkau.

Bagi Anda yang ingin mencoba, disarankan untuk datang sekitar jam enam sore, saat warung masih awal buka dan belum terlalu ramai.

Jalan Mayor Suryotomo No. 7, Gondomanan, Kota Yogyakarta
T: 0812 27471638
Buka Senin-Minggu, pukul 18.00-23.00 WIB
Rp15.000/$1,11 per orang
Rating: 4/5


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *