READING

Yogyakarta: Rujak Es Krim Pak Nardi

Yogyakarta: Rujak Es Krim Pak Nardi


“Rujak es krim buatan Pak Nardi memiliki tekstur yang renyah dan paduan rasa manis-asam yang timbul dari varian buahnya. Dipadukan dengan es krim, rasanya sungguh menyegarkan.

Tidak hanya dipenuhi kerumunan orang, udara panas dan terik di Jalan Malioboro yang terletak di jantung Kota Yogyakarta bisa membuat siapapun frustasi ketika mengunjungi tempat ini. Merupakan perjuangan saat Anda harus berjalan di koridornya yang sempit, menghindari para pencopet, dan secara bersamaan bersenggolan dengan para pejalan kaki lainnya. Solusi terbaik adalah naik becak menuju Pakualaman Yogyakarta yang terletak hanya beberapa blok dari sana, dan manjakan diri Anda dengan semangkuk rujak es krim yang menyegarkan.

Banyak penjaja rujak es krim yang berjualan di area ini, tapi yang paling terkenal adalah Rujak Es Krim Pak Nardi – dapat Anda temukan tepat di luar tembok barat Pura Pakualaman. Didirikan sejak sekitar 1980-an oleh Pak Nardi, gerobak kayunya yang diparkir di pinggir jalan merupakan yang paling ramai dikerumuni pelanggan saat makan siang. Ketika itu pukul satu siang, dan saya menikmati rujak es krim saya dari dalam mobil, karena sudah tidak ada kursi kosong lagi di sekitar gerobaknya.

Hidangan ini terdiri dari bengkuang, nanas, timun, pepaya, dan kedondong, dengan siraman es krim buatan sendiri dan saus gula jawa yang dicampur dengan bawang putih untuk menambah ketajaman aromanya. Rujak es krim buatan Pak Nardi memiliki tekstur yang renyah dan paduan rasa manis-asam yang timbul dari varian buahnya. Dipadukan dengan es krim, rasanya sungguh menyegarkan. Saya bahkan menambah semangkuk lagi saking enaknya. Jajanan ini tersedia mulai pukul delapan pagi dan tutup sekitar pukul tiga atau empat sore – biasanya karena rujak es krimnya sudah habis terjual.

Jl. Haryowinatan Purwo Kinanti Pakualaman,
Yogyakarta
Buka setiap hari, pukul 08.00-15.00 WIB
T: 0857 2856 6266
Rp.8.000/US$0,60 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *