READING

Yogyakarta: SGPC (Sego Pecel) Ibu Wiryo

Yogyakarta: SGPC (Sego Pecel) Ibu Wiryo


“Bagi seorang pencinta pedas dan asin, nasi pecel ini berhasil memenuhi standar makanan enak versi saya.

Dalam daftar makanan tradisional Jawa, pecel sudah pasti berada di peringkat atas untuk kategori menu favorit. Anda pun dapat dengan mudah menemukan hidangan ini, mulai dari penjaja keliling lengkap dengan bakulnya, sampai dengan restoran bergengsi di kota metropolitan.

Berpegang kepada fakta tersebut, sudah menjadi kewajiban saya untuk mengunjungi SGCP (Sego Pecel) Ibu Wiryo ketika berplesir ke Yogyakarta. Didirikan pada 1959, rumah makan ini terletak tidak jauh dari Universitas Gadjah Mada (UGM), salah satu universitas negeri ternama di Tanah Air. Karena menempati area yang cukup luas, pelanggan pun dapat menikmati hidangan dengan nyaman dan tanpa tergesa-gesa di sini.

Anda tidak akan menemukan pelayan atau daftar menu di SGCP Ibu Wiryo. Menerapkan sistem prasmanan, saya pun bergerak menuju counter untuk mengambil sendiri nasi pecelnya yang legendaris. Tersedia beberapa lauk yang dapat saya pilih untuk menemani menu pecel saya, diantaranya tahu dan tempe goreng, serta telur. Namun, mengingat berat badan saya yang kian membengkak, saya pun berusaha menahan diri.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan, saya mengambil sambal kacang cukup banyak hingga menutupi nasi dan sayur-sayuran – terdiri dari bayam, toge, dan kacang panjang. Saya pun kemudian mencampur semuanya ke dalam suapan pertama. Sensasi yang langsung terdeteksi oleh lidah saya adalah rasa manis dari sambal kacang yang kemudian diseimbangkan oleh sedikit rasa pedas setelahnya. Bagi seorang pencinta pedas dan asin, nasi pecel ini berhasil memenuhi standar makanan enak versi saya.

Untuk merangkum kunjungan saya saat itu, SGPC Ibu Wiryo merupakan salah satu restoran yang wajib dikunjungi, terutama oleh para penggemar makanan sehat. Dan mengingat kebanyakan pelanggannya adalah mahasiswa, harga makanan di sini dijamin ramah di kantong.

Jl. Agro CT VII, Klebengenan,
Yogyakarta
T: 0274 512 288
Buka setiap hari, pukul 06.30-21.00 WIB
Rp.15.000/US$1,10


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *