Yogyakarta: Siomay Telkom


“Saya memilih tiga buah siomay, dua buah tahu, dan telur rebus. Si tukang masak kemudian memotongnya menjadi potongan kecil dan menuangkan saus kacang berminyak ke atasnya.

Semua orang menyukai siomay, dan ini menjadi bukti mudahnya menemukan penjaja siomay di mana pun, khususnya di Pulau Jawa. Pada kunjungan singkat ke Yogyakarta, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi Siomay Telkom yang terkenal—setelah direkomendasikan oleh seorang teman yang merupakan warga lokal—untuk mencicipi hidangan spesialnya yang banyak dicari orang.

Kata orang, Siomay Telkom merupakan salah satu gerai pertama yang membuka jalan kepopuleran siomay di antara warga Yogyakarta. Warung pinggir jalannya mulai beroperasi pada 1994 dan berlokasi di Plaza Telkom, Kotabaru. Dengan kapasitas mencapai 25 orang, ukuran gerai ini memang cukup kecil. Namun, teman saya mengingatkan kalau di saat-saat sibuk, Anda akan menemukan pelanggan duduk di pinggir jalan di atas tikar hanya untuk menikmati siomay andalan gerai ini.

Seperti yang terjadi ketika saya sampai, tempat ini sudah penuh. Untungnya, saya berhasil mendapatkan meja kosong tepat di sebelah “dapur”. Salah satu pramusaji mengarahkan saya untuk langsung menuju ke sebuah panci besar yang penuh dengan siomay, kentang, tahu, kol, pare, dan telur rebus. Saya memilih tiga buah siomay, dua buah tahu, dan telur rebus. Si tukang masak kemudian memotongnya menjadi potongan kecil dan menuangkan saus kacang berminyak ke atasnya. Siomaynya terasa kenyal dan gurih—dua karakter paling utama dari makanan ini. Ketika saya sedang makan, saya melihat seorang perempuan muda memesan siomay goreng. Andai saya tahu sebelumnya.

Sebelah Plaza Telkom, Kotabaru,
Yogyakarta
Telp: 0817466651
Buka tiap hari, pukul 09.00–17.30 WIB
Harga: Rp15.000/US$1,10 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *