Yogyakarta: Thiwul Ayu Mbok Sum


Saya telah mengunjungi Yogyakarta lebih banyak dari hitungan jari dari kedua tangan saya, tetapi tak sekali pun saya merasa cukup. Setiap kunjungan membuahkan pengalaman baru, dan hal yang sama terjadi pada kunjungan saya ke kota tersebut akhir-akhir ini. Saya menemukan keindahan hutan cemara Imogiri, dan dalam perjalanan ke sana, saya menemukan sebuah toko yang menjual thiwul ayu—kue singkong tradisional yang langka.

Thiwul Ayu Mbok Sum beroperasi sejak 1997, dan berdasarkan perbincangan dengan pengunjung lain saat mengantre, saya menemukan bahwa tempat ini menawarkan thiwul ayu yang lebih enak dibanding kompetitornya, dan dengan harga yang terjangkau. Beragam pilihan rasa tersedia di sini, mulai dari cokelat, keju, stroberi, hingga nanas, nangka, dan rasa orisinal dengan tamburan gula putih atau gula aren. Saya memilih yang orisinal karena saya belum pernah mencicipi hidangan ini sebelumnya. Setelah menunggu selama 15 menit, kotak kue singkong saya pun sudah siap.

Bahan utama thiwul ayu terdiri atas adonan singkong dengan parutan kelapa dan gula aren di atasnya. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut, dan meninggalkan rasa manis dan asin yang merupakan hasil perpaduan antara gula aren dan parutan kelapanya.

Jl. Mangunan,
Bantul, Yogyakarta
T: 0819 3170 9303
Buka setiap hari dari pukul 05.00-19.00 WIB
Harga: Rp5.000/US$0,40 per kotak (kecil)


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *