READING

Surabaya: Gado-Gado Arjuna Pak Satumin

Surabaya: Gado-Gado Arjuna Pak Satumin

“Rasa sambal kacangnya memiliki kombinasi yang sempurna antara manis dan gurih, dan juga sedikit rasa asin.

Jika Anda pembaca setia Good Indonesian Food, tentunya Anda menyadari kalau saya telah menulis beberapa artikel mengenai gado-gado selama beberapa bulan terakhir. Kali ini, seiring dengan petualangan kuliner saya di Surabaya, saya akan mengulas sedikit soal Gado-Gado Arjuna yang merupakan tempat makan gado-gado paling populer di Kota Pahlawan. Didirikan pada 1970 oleh Pak Satumi dan istrinya, Ibu Soepik, rumah makan ini sekarang diwariskan kepada putri mereka, Nanik, yang melanjutkan bisnis kedua orangtuanya dengan cukup sukses.

Saya tiba di sana sekitar pukul satu siang, dan mendapati gerainya cukup kosong – hanya telihat para staf restoran dan sepasang pengunjung. Saya memesan seporsi gado-gado dan segera menempati salah satu meja yang tersedia. Setelah menunggu kurang dari lima menit, gada-gado saya pun akhirnya datang.

Sebagai seseorang yang mengklaim dirinya ahli gado-gado, saya sangat antusias mencicipi hidangan ini. Maka tanpa membuang waktu, saya segera mengambil sendok dan garpu, lalu menyingkirkan kerupuk udang dan emping di bagian atasnya. Sambal kacang yang menggoda dengan warna cokelat muda pun langsung menyapa saya. Melihat penyajiannya, saya segera menyadari kalau ini merupakan gado-gado siram – jenis gado-gado yang menggunakan sambal kacang yang sudah dibuat terlebih dulu, untuk kemudian disiram di atas sayur-sayurannya saat disajikan.

Menggunakan garpu, saya mengambil seladanya. Rasanya sedikit berair, menandakan selada ini baru saja dimasak, bukan sisa stok hari sebelumnya. Selain selada, gado-gado ini juga berisikan toge, timun, tahu, dan telur rebus. Sementara itu, sambal kacangnya benar-benar mencerahkan hari saya. Rasanya memiliki kombinasi yang sempurna antara manis dan gurih, dan juga sedikit rasa asin.

Gado-Gado Arjuna Pak Satumin merupakan tempat makan gado-gado yang layak dicoba. Dan jika Anda penggemar sejati gado-gado, saya sangat rekomendasikan untuk mampir ke gerai ini ketika Anda berada di Surabaya.

Jl. Raya Arjuna No. 127
Surabaya, Jawa Timur
Telp: 031 547 3335/0857 8056 5529
Buka setiap hari, pukul 08.00-17.30 WIB
Rp.20.000/US$1,50 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER