READING

Surabaya: Soto Ayam Lamongan Cak Har

Surabaya: Soto Ayam Lamongan Cak Har

“Rasa kaldu ayamnya benar-benar enak, kombinasi yang sempurna antara rasa asam, gurih, dan pedas.

Sejujurnya, ketika saya tidak berhasil mengumpulkan informasi mengenai restoran tertentu, saya cenderung memilih untuk tidak mengulasnya demi menghindari kesalahan saat menulis. Namun, saya memutuskan membuat pengecualian untuk Soto Ayam Lamongan Cak Har. Ketika berkunjung ke sana, staf restoran ini tidak tahu banyak soal sejarah rumah makan maupun hidangannya. Terlebih lagi, penulusuran saya di internet pun tidak banyak membuahkan hasil. Meski demikian, rasa soto di sini terlalu enak untuk diabaikan begitu saja. Apalagi, setelah melihat banyaknya jumlah pengunjung di kedua gerainya, saya pun semakin yakin bahwa restoran ini pantas mendapatkan tempat di Good Indonesian Food.

Saya berkunjung ke gerai Soto Ayam Lamongan Cak Har di Jalan Arief Rachman Hakim saat menjalankan misi kuliner saya di Surabaya. Sama seperti rumah makan lain yang sempat saya lewati, area parkir restoran ini dipenuhi oleh deretan mobil para pelanggan. Di dalam, situasinya tidak jauh berbeda, ditambah keriuhan dari masing-masing meja yang sudah terisi. Beruntung, saya langsung mendapatkan tempat sesampainya di sana.

Kurang dari lima menit, soto saya pun tiba di meja. Di dalamnya, saya bisa melihat suwiran ayam, bihun, dan potongan kol. Aromanya yang menggoda membuat saya tidak sabar untuk segera mencicipi. Setelah menuangkan sesendok koya ke dalam soto, bersama dengan jeruk nipis dan sambal, saya menyeruput sedikit kuah sotonya. Satu isapan, dan itu sudah cukup bagi saya untuk mendapatkan foodgasm. Rasa kaldu ayamnya sungguh lezat, kombinasi yang sempurna antara rasa asam, gurih, dan pedas. Kalau boleh meminjam istilah kaum urban zaman sekarang, rasanya benar-benar “pecah”.

Salah satu kekurangan rumah makan ini adalah tidak adanya air conditioner (AC) di dalam area makan. Dengan hidangan soto yang panas, ditambah cuaca Surabaya yang terik di luar, alhasil saya makan sambil bersimbah keringat. Namun, dengan makanan seenak itu, saya sama sekali tidak keberatan.

Jl. Arief Rachman Hakim
Surabaya, Jawa Timur
Telp: 0857 0426 5904
Buka setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB
Rp.25.000/US$1,90 per orang


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *