READING

Cita Rasa Lokal, Penampilan Internasional

Cita Rasa Lokal, Penampilan Internasional

Membahas tentang makanan Indonesia memang tak akan ada habisnya. Pasalnya, setiap wilayah di negara ini – yang tersebar di sekitar 17.000 pulau – memiliki bahan tersendiri yang menciptakan ciri khas kuliner. Jenis hidangan yang disajikan pun beraneka ragam, mulai dari makanan berkuah, bersantan, kering, sampai yang dikukus atau dibakar. Singkatnya, Indonesia bisa dibilang surga kuliner bagi para pencinta makanan.

Meski demikian, pengaruh dari bangsa lain yang cukup kuat selama beberapa tahun terakhir mau tak mau mengubah kultur masyarakat Indonesia terkait dengan dunia gastronomi. Ditambah dengan invasi menu hidangan barat yang kian populer, sajian Nusantara pun dituntut untuk bersolek jika ingin tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menyadari fakta tersebut, tak heran jika kini banyak restoran Indonesia yang semakin giat berinovasi. Mulai dari sajian khas Padang, Sunda, Sulawesi, sampai Bali kini tampil dengan lebih menarik dan representatif.

Restoran Bengawan Solo, Hotel Grand Sahid

editors-note-progressive-indonesian-food-bengawan-solo

Hotel Grand Sahid, Jakarta memahami betul misi yang diemban sebuah santapan. Berada di pusat bisnis ibu kota, hotel ini dilengkapi dengan restoran Bengawan Solo yang menyajikan hidangan Nusantara autentik sejak 1991. Jadi, tak heran jika restoran yang dipenuhi dekorasi wayang itu kerap dipilih sebagai tujuan kuliner para ekspatriat dan tamu negara. Meski mengusung nama Solo, namun menu yang ditawarkan tak melulu berasal dari kota di Jawa Tengah itu. Ada sekitar 40 sajian dari Sabang hingga Merauke yang ditawarkan untuk memuaskan hasrat kuliner para pelanggannya. Mulai dari Gado-Gado, Nasi Goreng Bengawan Solo, Soto Betawi, hingga Martabak Padang tersedia di sini. Tentunya dengan penampilan yang atraktif dan impresif.

Hotel Grand Sahid Jaya Lobby Level
Jl. Jend. Sudirman Kav. 86
Jakarta
T: 021 570 4444 ext 1438
Buka setiap hari, pukul 11.00-23.00 WIB

Restoran Sriwijaya, The Dharmawangsa

editors-note-progressive-indonesian-food-sriwijaya

Yang reputasinya tak kalah ulung dalam menyajikan kuliner dalam negeri adalah Restoran Sriwijaya di The Dharmawangsa. Berbeda dengan Bengawan Solo yang tampil lebih kasual setelah renovasi tahun lalu, Sriwijaya memilih untuk mengemas hidangan Indonesia progresif dengan gaya fine dining ala Perancis yang mewah dan elegan. Contohnya saja, set makan malam Palembang, Manado, dan Betawi yang bisa dipadankan dengan beraneka jenis wine. Ada juga pilihan a la carte berupa rawon yang terbuat dari short ribs yang dimasak dengan teknik sous-vide atau pasta yang dimasak dengan tinta cumi dan tambahan lobster bumbu khas Bunaken. Dijamin menggugah selera.

Jl. Brawijaya Raya No.26
Jakarta Selatan
T: 021 725 8181
Buka setiap hari, pukul 06.30-23.00 WIB

Namaaz Dining

editors-note-progressive-indonesian-food-namaaz-dining

Satu lagi makanan Indonesia wajib coba dipersembahkan oleh Namaaz Dining. Tempat makan eksklusif yang hanya melayani 28 orang setiap harinya ini membuat hidangannya dengan teknik gastronomi molekular. Ada 17 menu hidangan untuk makan malam dengan penyajian yang unik. Jangan kaget jika sebuah kertas dan pensil terhidang di depan Anda untuk dimakan, bisa jadi itu adalah opor ayam. Andrian Ishak, sang pendiri, menjuluki tempat berkaryanya ini sebagai fun dining.

Jl. Gunawarman No.42
Jakarta Selatan
T: 021 3306 1000
Buka Selasa-Sabtu, pukul 18.30-24.00 WIB


Good Indonesian Food is a team of foodies working to preserve and promote Indonesian culinary.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *