READING

Jakarta: Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis

Jakarta: Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis

Selain bakso dan mi ayam, makanan berkuah lain dari varian bakso yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah bakwan malang. Anda mungkin akan heran saat melihat semangkuk bakwan malang dan tidak melihat adanya gorengan bakwan sama sekali. Hal ini disebabkan pengertian bakwan yang selama ini dikenal masyarakat dianggap salah. Bakwan adalah sebutan lain untuk bakso, “bak” adalah daging dan “wan” artinya bulat. Oleh karena itu, tidak heran jika dalam menu bakwan malang terdapat bakso, selain siomay rebus, siomay goreng, tahu, dan pangsit.

Salah satu kedai bakwan malang yang cukup terkenal di Jakarta adalah Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis Rawamangun. Saat datang pada hari Minggu siang, kedai ini sudah dipenuhi pengunjung yang sedang makan siang. Antrean panjang di bagian depan kedai pun tak terelakkan karena di sinilah para pengunjung bisa memilih sendiri berbagai jenis gorengan dan rebusan di atas meja. Warung ini memang menggunakan sistem prasmanan sehingga pengunjung tidak perlu menunggu didatangi pelayan untuk memesan.

bakso bakwan malang cak su kumis
Suasana antrian di Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis. (Foto: Good Indonesian Food)

Warung yang sudah berdiri sejak 1990 ini rupanya sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di Jakarta Timur dan Jakarta Barat, seperti di Pondok Kelapa, Pekayon, Cempaka Putih, Galaxy Bekasi, Pondok Kopi, hingga Percetakan Negara. Selain itu, beberapa artis pun pernah mencicipi bakwan malang Cak Su Kumis, di antaranya Inul Daratista, Farhan, hingga Bondan Winarno.

Baca Juga: Jakarta: Bakso Gepeng Rawamangun

Melihat sendiri gorengan dan rebusan di depan mata membuat saya kalap. Tidak pas rasanya kalau tidak saya coba semua. Ada bakso urat, bakso halus, tim goreng (semacam tepung yang dibentuk bulat), kekkian goreng, siomay goreng, siomay rebus, tahu cokelat, dan tahu putih. Khusus untuk tahu, di bagian tengah diberi isian daging bakso sehingga rasanya semakin gurih. Saat kuah disiram, baunya harum dan rasanya pun terasa nikmat di lidah. Ukurannya memang cukup besar sehingga mengambil beberapa potong saja dijamin sudah mengenyangkan. Namun, dari tempat saya duduk, saya melihat orang-orang kerap kembali mengantre untuk mengambil satu atau dua potong tambahan.

Saran saya, datanglah di luar jam makan siang atau makan malam untuk menghindari antrean yang terlalu lama. Datang pada hari libur juga bisa menjadi pilihan karena berdasarkan bocoran dari tukang ojek online yang mengantarkan saya ke sana, antrean pada hari kerja bisa mengular.

Anda juga bisa membaca artikel tersebut di Queuing for a bowl of hot ‘bakwan Malang’ in East Jakarta

JL. Rawamangun Muka Barat, No. 14, RT.9/RW.12,
Rawamangun, Jakarta Timur
Telp: (021) 92696256
Buka setiap hari, pukul 09.00-21.00 WIB
Rp30.000/ US$2,20 per orang


RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER