READING

Jakarta: Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket

Jakarta: Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket

Pedagang yang menjajakan nasi uduk di Jakarta sudah hampir tak terhitung jumlahnya. Bahkan, beberapa kawasan di ibu kota dikenal sebagai pusat nasi uduk. Melipir sedikit ke bagian timur Jakarta, Anda akan menemukan satu tempat makan yang cukup populer dan ramai pengunjung. Hidangan nasi uduk dan ayam gorengnya menjadi rebutan warga yang hampir setiap hari memadati rumah makan berukuran tidak terlalu besar itu.

Nama kedai itu adalah Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket. Kedai ini sudah berjualan nasi uduk dan ayam goreng sejak 1973. Posisi persisnya di Jalan Raya Bekasi KM. 18. Bukan, ini bukan di daerah Bekasi. Banyak rekan saya yang salah kaprah dan berasumsi kedai ini berada di Kota Bekasi saat saya memberikan alamatnya kepada mereka. Lokasi ini berada di daerah Jatinegara Kaum, Jakarta Timur dan lebih tepatnya berseberangan dengan Pasar Klender.

 

Harus Sabar Antre

Walaupun saya berdomisili di Jakarta Timur, cukup dekat dengan kedai ini, perkenalan saya dengan nasi uduk dan ayam gorengnya baru terjadi beberapa bulan yang lalu. Kunjungan pertama saya pun cukup membekas di ingatan. Mendapat informasi bahwa kedai ini buka jam lima sore, saya pun mencoba datang tepat pada jam tersebut dengan harapan masih banyak meja kosong yang tersedia. Sesampainya di sana, saya pun dikejutkan oleh ramainya pengunjung yang sudah mengerumuni kedai tersebut.

ayam goreng mat lengket
Keriuhan di kedai Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket (Foto: Good Indonesian Food)

Ada dua konter yang disediakan, satu khusus melayani pelanggan yang datang untuk memesan dan dibawa pulang, sementara yang lainnya diperuntukkan bagi pelanggan yang makan di tempat. Hebatnya, staf di kedua konter tersebut terlihat sangat kewalahan melayani para pembeli yang membludak. Keriuhan seperti ini yang belum pernah saya temui di kedai nasi uduk manapun di Jakarta. Ketidakteraturan ini sedikit berdampak pada pelayanannya yang terkesan sangat lambat.

Baca Juga:

Kedai Legendaris Nasi Uduk & Ayam Goreng Gang Buni

Lezatnya Nasi Uduk Kota Intan

Nasi Uduk H. Saman Jagokan Ayam Goreng Renyahnya

 

Lupakan sejenak keriuhan serta lamanya pelayanan kedai ini. Mari merujuk pada sumber keriuhan itu sendiri, yaitu hidangan nasi uduk dan ayam goreng Mat Lengket yang memang sangat istimewa. Nasi uduk di sini memang menawarkan cita rasa di atas rata-rata. Akan tetapi, daya tarik utama tempat ini adalah kelezatan ayam gorengnya yang sangat sensasional. Tekstur yang agak basah dan juicy dipadu dengan sensasi gurih yang aduhai, membuat para pemburu kuliner Jakarta rela berdesak-desakan, bahkan bermandikan keringat demi sepotong atau dua potong ayam goreng lengket ini. Tampaknya untuk mendapatkan yang terbaik memang butuh kerja keras.

Anda juga bisa membaca artikel ini di The Jakarta Post: Mat Lengket: Much-loved fried chicken and ‘nasi uduk’ establishment

Jl. Raya Bekasi KM. 18, Klender, Jakarta Timur
Telp: (021) 47869747
Buka setiap hari, pukul 17.00-21.00 WIB
Rp25.000/US$1,90 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER