READING

Jakarta: Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati

Jakarta: Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati

Masih melekat di ingatan saya saat pertama kali melangkahkan kaki di daerah Kebon Kacang untuk mencicipi nasi uduk Kebon Kacang yang tersohor itu. Banyaknya kedai di sana yang menawarkan hidangan ini sedikit membuat saya kebingungan untuk memilih. Setelah mencoba beberapa tempat, hati saya pun berlabuh di salah satu kedai yang telah berhasil memuaskan lidah dan perut saya, yaitu Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati.

Menurut penuturan kerabat dekatnya, Ibu Tati sudah berjualan nasi uduk sejak tahun 1970-an. Pada awalnya, dagangannya dijajakan di sebuah tenda dengan hanya bermodalkan satu meja kayu panjang, persis di depan rumah makannya yang sekarang. Setelah mendapatkan dana yang cukup, sekitar akhir 1980-an, Ibu Tati menyulap tempat yang dulunya bengkel menjadi kedai yang cukup besar untuk melayani pelanggannya yang kian hari kian meningkat jumlahnya.

nasi uduk kebong kacang puas hati nasi uduk kebong kacang puas hati

Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati bisa dikatakan telah menjadi primadona di daerah Kebon Kacang. Ini terlihat dari ramainya pengunjung yang menjejali kedai. Jam buka dimulai dari pukul 12 siang hingga tepat tengah malam, menjadikan tempat ini sebagai salah satu pilihan yang asyik bagi para pekerja kantor untuk makan siang. Belum lama ini, kedai ini mencoba peruntungan baru dengan membuka satu cabang yang terletak di daerah Jakarta Barat.

Layaknya kedai nasi uduk pada umumnya, terdapat pilihan lauk yang beragam. Mulai dari ayam, jeroan (usus, paru, dan ati ampela), serta tempe dan tahu. Faktor pembedanya adalah Anda bisa memilih aneka hidangan tersebut untuk digoreng atau dibakar. Nasi uduk yang disajikan di sini sangatlah nikmat, dengan kegurihan yang jauh di atas para pesaingnya. Selain itu, ayam gorengnya tak kalah menggiurkan. Ayam kampungnya diolah dengan paduan bumbu yang pas sehingga terciptalah citarasa manis nan lezat—apalagi kalau dicocol ke dalam sambal pedasnya yang segar menggoda.

Selain suguhan-suguhan yang menggugah selera, tempat ini adalah satu-satunya kedai nasi uduk di Kebon Kacang yang menyediakan tempat parkir, walaupun hanya cukup untuk empat sampai lima mobil. Tempat parkir adalah masalah klasik yang menyebalkan di daerah Kebon Kacang. Bila Anda datang dengan kendaraan roda empat ke daerah Kebon Kacang, bisa dipastikan Anda akan pusing tujuh keliling mencari tempat parkir di sana.

Anda juga bisa membaca artikel ini di The Jakarta Post: The best nasi uduk in Kebon Kacang

Jl. Kebon Kacang 1 No. 63,
Jakarta
Telp: (021) 3919031
Buka setiap hari, pukul 12.00–24.00
Rp30.000/US$2.80 per orang


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INSTAGRAM
KNOW US BETTER