READING

4 Hidangan Paling Favorit untuk Buka Puasa

4 Hidangan Paling Favorit untuk Buka Puasa


Jika Anda pencinta kuliner dan juga seorang Muslim, Ramadan menjadi cobaan yang cukup berat dengan kewajiban berpuasa sepanjang hari. Namun, salah satu hal yang membuat antusias selama bulan suci ini adalah ragam makanan lezat yang menanti saat berbuka puasa – dan juga kepuasan tersendiri saat Anda akhirnya dapat memanjakan perut setelah seharian membiarkannya keroncongan. Berikut ini beberapa hidangan yang umum Anda temukan saat waktu berbuka tiba.

Kolak
Salah satu hidangan paling jamak yang akan Anda temui selama bulan Ramadan. Pada dasarnya berisi pisang, ubi, dan kolang-kaling. Hidangan ini disajikan dalam kuah yang merupakan campuran santan dan gula merah. Penyajiannya bisa disesuaikan menurut selera. Beberapa bahkan ada yang menambahkan kacang hijau di dalamnya.

Es Blewah
Bukan menu yang saya rekomendasikan untuk Anda konsumsi dalam kondisi perut kosong setelah 12 jam tanpa makanan dan minuman, tapi merupakan hidangan penutup yang sempurna setelah berbuka. Minuman dari blewah yang disajikan bersama dengan es dan sirup pandan ini dapat dengan mudah Anda temukan selama Ramadan, termasuk dari penjaja kaki lima di pinggir jalan.

ta'jilTa'jil

Bubur Kacang Ijo
Menu favorit lain untuk berbuka puasa adalah bubur kacang ijo. Hidangan yang terbuat dari santan dan gula jawa ini dijual di warung-warung kopi di Jakarta. Kombinasi antara kacang hijau yang lembut dan gurih dengan gula-santan yang manis dan juga creamy, akan memanjakan lidah dan tenggorokan Anda setelah menahan dahaga seharian.

Gorengan
Meskipun kebanyakan orang akan berburu hidangan manis untuk berbuka puasa, tidak sedikit pula yang justru memilih sajian asin dan gurih untuk membatalkan puasa mereka. Gorengan merupakan menu yang paling dicari oleh kategori ini. Dan salah satu jenis gorengan yang laris manis selama buka puasa adalah bakwan.


A die-hard fan of authentic Indonesian delights who loves the idea of travelling to the cradle of those enticing local treats. Yet, you might often find this young lad busy with his guitar – be it alone in his room or, sometimes, on stage.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.