READING

Jakarta: Ayam Goreng Berkah

Jakarta: Ayam Goreng Berkah


Kombinasi masakan ayam goreng serta sambal terasi dan nasi putih hangat terasa seperti makanan rumahan yang memuaskan.”

Kalau berbicara tentang ayam goreng, orang Jakarta sangatlah beruntung. Kota ini menawarkan banyak varian masakan ayam goreng di berbagai tempat makan di sudut kota, dari yang digoreng tepung sampai ayam goreng kampung yang tradisional. Bisnis ayam goreng juga menjadi salah satu yang menjanjikan. Silakan bertanya ke pemilik Ayam Goreng Berkah Pak Rachmat. Didirikan pada 1963, Ayam Goreng Berkah Pak Rachmat dikenal akan masakan ayam goreng kampungnya yang lezat; sangat cocok dinikmati setelah seharian penat di kantor.

Kami sampai sekitar jam 10 malam. Namun, kami kaget karena tempat makan tersebut masih penuh pelanggan. Kami agak kecewa karena hampir semua menu yang ditawarkan sudah habis. Dengan pilihan yang terbatas, kami memesan ayam goreng Berkah yang tersohor itu. Hidangan tersebut disajikan dalam kondisi panas dan kelihatannya sangat lezat. Sesuai dengan penampilannya, kelembutan daging ayamnya langsung terasa di gigitan pertama. Ukuran ayamnya sedikit kecil—mereka menggunakan ayam kampung, tetapi dibumbui dengan sempurna. Sementara itu, sambal terasi yang dihidangkan bersama ayam goreng terasa tidak terlalu pedas, justru meninggalkan sedikit rasa manis, menekankan akar Jawa dari hidangan ini. Secara keseluruhan, kombinasi masakan ayam goreng serta sambal terasi dan nasi putih hangat terasa seperti makanan rumahan yang memuaskan yang disantap di rumah seseorang.

Pendiri Ayam Goreng Berkah, Pak Rachmat, pastinya tersenyum di surga, melihat restorannya masih berusaha mempertahankan kualitas hidangannya, bahkan hingga memiliki tempat makan yang cukup besar seperti sekarang. Pujian perlu diberikan kepada Febri Setiawan—cucu pak Rachmat—yang mempertahankan bisnis kakeknya agar tetap berjalan dengan baik, memastikan warisan masakan ayam kakeknya yang legendaris tetap hidup. Ayam Goreng Berkah buka setiap hari pukul 11.00–23.00. Anda akan dilayani langsung oleh Febri pukul 12.00–18.00. Yang belum pernah mencoba masakan ayam goreng khas restoran ini, kami menyarankan Anda untuk mencobanya segera.

Jl. Melawai XIII
Dekar RSB Asih, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: (021) 5736663
Buka setiap hari, pukul 11.00–23.00 WIB
Rp56.000/US$4,20 untuk satu ekor ayam.


Started her career as a food writer in 2012, Jessicha Valentina is the online editor of Good Indonesian Food. Jessicha has loved Sayur Asem since she was a wee kid and spends her free time trying to cook it.

RELATED POST

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *